Responsive Web Design vs Website Mobile Friendly?

seo-onpage-seluler-responsive-web-design-vs-website-mobile-friendly-?

Responsive Web Design merupakan suatu hal yang cukup penting dan berpengaruh terhadap optimasi dan strategi SEO-Onpage

Responsive web design adalah keadaan sebuah halaman web yang memiliki tampilan menarik, menonjol, dan rapi agar tetap enak dilihat jika diakses dari perangkat apapun dengan resolusi layar yang berbeda.

Sedangkan Website Mobile Friendly adalah website yang dirancang agar bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat atau layar yang lebih kecil dengan resolusi yang kecil juga, seperti pada handphone Android atau iPhone dan juga tablet atau iPad berukuran sedang.

Website Mobile Friendly ini sekarang sedang menjadi tren yang cukup diperbincangkan, karena melihat perkembangan pengguna dan penggunaan HP yang terus meningkat. Ayo simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Perkembangan Penggunaan HP

Kita akan bahas perkembangan ponsel atau HP di Indonesia. Sebelum masuk ke perkembangan di Indonesia Pada dekade tahun 70 an negara-negara maju di eropa menerapkan teknologi seluler untuk komunikasi.

Di Indonesia sendiri baru menerapkan kecanggihan teknologi komunikasi tersebut belasan tahun kemudian. Dimulai pada tahun 1984 teknologi seluler pertama kali hadir di Indonesia dengan berbasis teknologi Nordic Mobile Telephony (NMT).

Masyarakat Indonesia cenderung menggunakan HP untuk kebutuhan sosial media dan bermain games, di luar dari fungsi aslinya yaitu telpon dan sms. Selain itu penggunaan HP tergantung pada si pemiliknya, HP bisa juga digunakan untuk hal-hal berikut ini.

  • Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.
  • Untuk mengakses sebuah informasi melalui media sosial ataupun situs-situs berita yang tersedia.
  • Sebagai metode pembelajaran bagi semua kalangan (orang tua, remaja dan anak-anak) karena memiliki akses yang luas dengan berbagai media interaktif.
  • Untuk mempermudah seseorang melakukan pekerjaan dalam bidang komputerisasi, software, design, administrasi dan pekerjaan lainnya yang menggunakan teknologi dan aplikasi dari perangkat gadget.

Jika kita memiliki sebuah website pasti sudah tau tentang hal ini. Semenjak tahun 2016 hingga sekarang, supaya halaman web dan SEO on-page semakin optimal, website yang dibuat haruslah mobile-friendly dan juga responsif. 

Website yang mobile-friendly dan responsif akan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna, apapun jenis perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses internet.

Apa Hubungannya Keduanya Dengan SEO?

Pasti kalian bertanya-tanya, terus apa hubungannya dengan SEO? Jawabannya adalah pada tahun 2015 Google merilis algoritma mobile yang menentukan peringkat halaman web dengan berdasarkan pada bagaimana halaman web saat diakses melalui perangkat mobile.

Sekarang, penggunaan ponsel semakin banyak dan semakin umum karena mudah didapatkan. Hal ini membuat lebih dari 50% pengguna internet adalah pemilik ponsel. 

Dengan menggunakan Mobile-friendly Test Tool, kita dapat mengetahui bagaimana suatu halaman web dilihat oleh Google. Apakah sudah mobile-friendly atau belum. 

Meskipun banyak digunakan, perangkat seluler mobile tentu tidak memiliki komponen secanggih komputer untuk memproses berbagai data yang ada. 

Oleh karena itu, Google menampilkan Accelerate Mobile Pages (AMP) pada hasil pencariannya untuk dapat diakses dari perangkat mobile.

Ingat! Banyak diantara pengguna internet yang mungkin mengakses website kita melalui perangkat seluler, jadi kita harus memastikan bahwa website kita sudah mobile-friendly.

Dengan begitu, kita dapat memberikan kepuasan kepada pengguna dengan fungsi kegunaan pada halaman web dan juga membuat website lebih relevan secara bersamaan.

Website Mobile Friendly

Seperti yang tadi sudah dijelaskan sedikit bahwa Website Mobile Friendly adalah website yang dirancang agar bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat atau layar yang lebih kecil.

Perangkat kecil otomatis resolusi juga lebih kecil, seperti handphone Android atau iPhone dan juga tablet atau iPad berukuran sedang.

Desain website yang mobile-friendly berarti informasi yang tampil pada website mulai dari gambar, teks, video dan link, dapat diakses dengan mudah pada setiap platform yang berbeda, terutama pada layar yang lebih kecil.

Website Yang Tidak Mobile Friendly

Google saat ini semakin menuntut agar website dibuat menjadi sebuah wadah yang menyenangkan bagi para pengunjung. Google akan mendeteksi tiga jenis “cacat” pada website yang tidak mobile-friendly yakni:

  • Teks yang tak dapat dibaca, atau gambar yang tak bisa dilihat dengan jelas tanpa di zoom atau di scroll
  • Konten yang tak dapat diplay
  • Tombol pada website yang tak dapat diklik 

Kerugian akan dirasa jika sebuah website untuk bisnis tidak mobile-friendly. Pertama website kita tidak akan mampu menjangkau lebih banyak pengguna HP. 

Peringkat website di Google pun tidak akan naik dan promosi pun akan sangat terbatas karena competitor pasti menggunakan website yang mobile-friendly

Keuntungan Memiliki Website Mobile Friendly

Semakin banyak pengguna yang mengakses website bisnis kita melalui HP, maka kita harus memastikan semua pengguna mendapatkan pengalaman dan penilaian yang positif terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan.

Jika website kita membutuhkan waktu yang lama untuk mendownload, atau tidak mudah untuk digunakan pada perangkat ponsel, maka pengguna akan beralih ke website competitor.

Memiliki website yang mobile-friendly memberikan banyak keunggulan, seperti :

  • Meningkatkan visibilitas pencarian
  • Meningkatkan pengalaman pengguna
  • Menambah daftar prospek klien
  • Meningkatkan identitas merek

Google mulai memberikan referensi untuk mengoptimalkan website mobile melalui pencarian dari HP. Pada akhirnya, semakin orang yang mengunjungi website memiliki pengalaman yang baik ketika membuka website, maka semakin besar pula kesempatan mereka menjadi konversi atau sales.

Cara Membuat Website Mobile Friendly

Ada beberapa cara untuk membuat website agar menjadi mobile-friendly. Pertama kita bisa menggunakan platform konversi. 

Cara tercepat untuk membuat website menjadi website yang mobile-friendly adalah dengan membuat versi seluler situs desktop menggunakan platform konversi seperti bMobilized atau Duda Mobile.

Meskipun ini adalah cara yang sederhana untuk membuat sebuah website menjadi mobile-friendly, tapi terpaksa kita harus memiliki dua situs web terpisah. 

Mungkin sulit untuk melakukan maintenance dua website dalam satu waktu, dan pengguna mungkin merasa frustasi jika ada satu konten di desktop tapi tidak ada di mobile ataupun sebaliknya.

Cara kedua, kita bisa menggunakan mobile plug-in di platform CMS popular. CMS popular merupakan sistem pengelolaan konten situs web yang cukup populer seperti WordPress, Joomla, atau Drupal.

Ketiga platform tadi memiliki solusi cepat untuk membuat sebuah website menjadi mobile-friendly tanpa perlu ada dua versi terpisah. 

Cara terakhir yang paling sering digunakan dengan menggunakan jasa pembuat website, jadi website yang akan dijadikan mobile-friendly diserahkan kepada developer jasa website.

Responsive Web Design

Responsive website design atau Desain web responsif adalah sebuah teknik atau metode yang digunakan website desainer untuk membuat suatu format layout website yang nantinya akan menyesuaikan diri sesuai dengan tampilan device yang digunakan oleh pengunjung. 

Mulai dari ukuran huruf, user interface, gambar dan tata letak akan menyesuaikan dengan lebar layar dan resolusi device yang digunakan pengunjung. 

Selain dapat mempengaruhi apa yang ditampilkan pada perangkat tertentu, ini juga untuk mengoptimalisasi kenyamanan pengguna untuk menjelajah web dari tampilan, navigasi serta konten website tanpa merubah ukuran halaman web dari perangkat apapun yang mereka gunakan. 

Misalnya, pengunjung akan merasakan mudah membaca tanpa harus zoom in dan zoom out dan pengunjung pun akan lebih jelas melihat gambar dari website yang dikunjunginya.

Website Yang Tidak Responsive

Banyak faktor yang menyebabkan sebuah website dikatakan tidak responsif, yang paling utama adalah waktu muat atau loading yang lama. 

Menambahkan terlalu banyak elemen, seperti flash, suara, banyak grafik resolusi tinggi, atau java script, dapat menyebabkan website lebih lambat memuat. 

Perlu diingat bahwa meskipun sebagian besar pengunjung akan memiliki kecepatan tinggi, masih ada pelanggan pedesaan yang akan menggunakan dial-up dan tidak dapat mengakses website jika terlalu lambat.

Website yang tidak responsif sangat berdampak sekali pada bisnis online. Misal kita adalah seorang pebisnis online baru, jika website kita tidak responsif maka bagaimana orang akan mengetahui bahwa ada produk atau jasa yang kita tawarkan melalui website tersebut.

Keuntungan Memiliki Responsive Web Design

Banyak sekali keuntungan yang dihasilkan jika website kita sudah responsive. Kita ambil contoh Facebook. 

Facebook berawal dari sebuah website, jika website Facebook tidak responsif maka mungkin umurnya tidak akan sampai sekarang. Mengetahui bahwa website Facebook sudah responsif, kemudian Facebook mengembangkan bisnisnya tidak hanya website tapi juga aplikasi.

Melihat Facebook berhasil, banyak platform media sosial lain yang mengikuti langkahnya, seperti Twitter, Kitabisa.com, Detik.com. Tapi perlu diingat, walaupun mereka sudah memiliki aplikasi, website yang dimiliki harus tetap responsif.

Sudah banyak desainer website yang menggunakan teknik ini baik lokal maupun luar negeri, berikut beberapa keuntungan dari sebuah website yang responsif:

  • Tentunya dapat diakses oleh berbagai device dengan ukuran layar berbeda-beda dan tetap dengan tampilan yang rapi.
  • Lebih hemat biaya
  • Kemudahan dalam maintenance
  • Penghematan sub domain, yang seharusnya mengakses dengan device mobile harus menggunakan “m” di depan domain, sekarang cukup dengan mengetik nama domainnya saja dan tampilan akan menyesuaikan dengan device yang digunakan.

Cara Membuat Responsive Web Design

Lagi-lagi untuk membuat sebuah website yang responsif kita bisa nonton tutorial atau belajar sendiri. Selain itu kita bisa juga menggunakan tools atau software sebagai alat bantu dan agar mempermudah proses pembuatan. 

Tapi lebih baik kita konsultasi dengan ahlinya atau jasa di bidang responsive web design. Jika bahas website kita simple dan sederhana seperti hal nya blog, yang terdiri dari tulisan dan beberapa foto, pasti orang akan lebih mudah mengaksesnya daripada website jenis e commerce. 

E-commerce itu sangat penting, mengapa? Karena sekarang ini kebanyakan orang belanja segala sesuatu hal menggunakan hp.

Pilih Yang Mana: Responsive Web Design vs Website Mobile Friendly

seluler-pilih-yang-mana-responsive-web-design-vs-website-mobile-friendly

Bingung ya mau pilih mana, responsive web design atau website mobile friendly? Sudah pasti kita harus pilih yang website responsive, kok gitu? Jawabannya karena perkembangan zaman yang begitu pesat. 

Apalagi kalau bisnis dan website yang kita punya terlihat seperti e-commerce. Tapi jangan berkecil hati, kalau memang websitenya tidak besar, dan hanya ingin coba-coba bikin website yang isinya hobi seperti blog, fotografi, resep masakan, dan sejenisnya, tidak ada salahnya mencoba website mobile friendly.

Jadi, Kapan Website Kamu Optimal?

Yup, berdasarkan penjelasan tadi, apakah sudah kepikiran kapan website yang sekarang dimiliki akan optimal? Hehe, pelan-pelan saja, pertimbangkan dulu poin-poin yang tadi dijelaskan. 

Pikirkan mana yang prioritas dan dahulukan itu, mungkin jika ingin mengoptimalkan website kita sekarang ya boleh dong, semakin cepat optimal dan responsive maka semakin bagus dan dampaknya pun akan segera terasa.

Setelah Website Optimal, Bagaimana Dengan Gambar Yang Burem Atau Kebesaran?

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy