SEO Off-Page

SEO Off-Page

Apa itu SEO off-page?

“SEO off-page” atau sering disebut “SEO off-site” mengacu kepada tindakan yang dikerjakan diluar website Anda untuk meningkatkan peringkat website Anda di google (SERPs).

Pengoptimalan faktor peringkat off-site melibatkan peningkatan mesin pencari dan persepsi pengguna akan popularitas, relevansi, kepercayaan, serta otoritas dari suatu website.  Hal ini dilakukan dengan menghubungkan (links) tautan populer yang terdapat di internet (halaman, situs, orang, dll.) untuk mempromosikan situs Anda, dan secara efektif “menjamin” kualitas konten Anda. 

Apa pentingnya SEO off-page?

Algoritma pencarian dan faktor-faktor yang berpengaruh pada peringkat Google terus berubah, namun persetujuan umum dalam komunitas SEO menyatakan bahwa relevansi, kepercayaan, serta otoritas SEO off-page yang efektif masih merupakan peran penting yang dapat meningkatkan peringkat suatu halaman. 

Meskipun kami tidak mengetahui algoritma lengkap yang digunakan Google untuk memberi peringkat kepada suatu konten, data yang didapatkan dari penelitian Search Engine Ranking Factors kami menunjukkan bahwa faktor-faktor terkait SEO off-site membawa lebih dari 50% bobot faktor peringkat. 

Tautan dan SEO off-page

Membangun backlink merupakan jantung dari SEO off-page. Google biasanya menggunakan backlink sebagai indikasi kualitas dari konten yang ditautkan, maka dari itu suatu situs dengan backlink bernilai tinggi biasanya akan memiliki peringkat yang lebih tinggi daripada website yang kurang lebih sama namun memiliki jumlah backlink yang lebih sedikit. 

Terdapat tiga jenis backlink yang utama, didefinisikan dengan cara mendapatkannya: tautan alami (natural links), tautan yang dibuat secara manual (manually built links), atau tautan yang dibuat sendiri (self-created links).

  • Tautan alami diberikan secara editorial tanpa tindakan apa pun dari pemilik laman. Sebagai contoh, seorang blogger makanan menambahkan tautan ke sebuah pos yang mengarah ke produk pertanian favorit mereka. Ini disebut tautan alami.
  • Tautan yang dibangun secara manual diperoleh melalui kegiatan pembuatan tautan yang disengaja. Ini termasuk hal-hal seperti membuat pelanggan Anda untuk menautkan situs web Anda atau meminta influencer untuk membagikan konten Anda.
  • Tautan yang dibuat sendiri dibuat oleh kegiatan seperti menambahkan backlink di direktori online, forum, menanda tangani komentar blog, atau siaran pers dengan anchor text yang sudah dioptimalkan. Beberapa taktik membangun tautan yang dibuat sendiri cenderung ke arah “black hat SEO” dan tidak disukai oleh mesin pencari, jadi hati-hati di sini.

Terlepas dari bagaimana diperolehnya suatu tautan, tautan yang menawarkan kontribusi terbesar untuk upaya SEO umumnya adalah tautan terbanyak. Ada banyak sinyal yang berkontribusi positif terhadap ekuitas yang diloloskan, seperti:

  • Popularitas halaman taut
  • Sebagaimana terkaitnya website tertaut dengan website yang ditautkan 
  • Kebaruan dari tautan
  • Anchor text yang digunakan untuk menghubungkan website 
  • Kepercayaan dari situs yang tertaut 
  • Jumlah tautan yang terdapat pada halaman taut 
  • Otoritas halaman dan domain tautan

SEO off-site yang tidak berhubungan dengan tautan

Mendapatkan tautan dari website eksternal adalah strategi SEO off-page yang paling umum dilakukan, hampir semua aktivitas yang a) terjadi di luar situs web anda sendiri dan b) membantu meningkatkan posisi peringkat pencarian Anda dapat dianggap sebagai “SEO off-page”. Ini termasuk hal-hal seperti:

  • Pemasaran media sosial
  • Blogging sebagai tamu/mengundang tamu
  • Promosi merek yang ditautkan ataupun tidak
  • Pemasaran influencer

Penting untuk dicatat bahwa hasil dari masing-masing kegiatan ini secara tidak langsung membuat referensi pada website Anda dari tempat lain di web – baik itu referensi tautan, promosi merek atau website Anda, atau sebaliknya. Jadi, konsep SEO off-page yang benar-benar “tidak terkait tautan” sebenarnya sedikit keliru!

Catatan tentang SEO off-page lokal:

SEO off-page bergantung pada perilaku manusia (yaitu, orang hanya mereferensikan dan berbagi konten yang mereka sukai). Dengan demikian, ini berlaku untuk SEO organik dan lokal. Bahkan dalam bisnis bata-dan-mortir, produk-produk berkualitas tinggi mendapatkan banyak referensi dari mulut ke mulut dari pelanggan yang sudah ada – setara dengan SEO off-page.

Bagaimana cara melakukan SEO off-page

Pada level yang tinggi, meningkatkan “SEO off-page” dari sebuah situs web melibatkan peningkatan persepsi mesin pencari dan pengguna terhadap kualitas situs tersebut. Ini dapat dilakukan dengan mendapatkan tautan dari situs lain (terutama situs yang memiliki reputasi dan dapat dipercaya), penyebutan merek Anda, pembagian konten Anda, dan peningkatan kepercayaan dari sumber di lain.

Pelajari lebih banyak tentang perbedaan SEO off-page dan SEO on-page, lihat bab ini dalam Panduan Pemula SEO.

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.

Kontak Kami
Call 1400 098 765
[email protected]
Daftar Sekarang Juga
Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.
Open Popup