Sebenarnya, Apa Itu “SEO Friendly”?

seo-friendly-apa-yang-dimaksud-dengan-seo-friendly

Hai! Hari ini kita mau bahas tentang SEO Friendly dengan lengkap. Kalau kamu sudah sampai ke sini, tentunya kamu pengen tau kan tentang SEO Friendly? Hal ini penting banget lho buat orang-orang atau bisnis yang mau relevan di dunia digital.

SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya, upaya untuk bikin konten atau website kamu optimal biar gampang dicari di  search engine kaya Google. Jadi, kalau begitu, SEO Friendly ya berarti website kamu bersahabat sama search engine tadi bersahabat sama Google agar proses optimasi tadi lancar.

Orang- orang sih biasanya pake jasa digital marketing, apalagi bisnis yang punya modal buat bayar jasa tersebut. Emang bener sih, kalo pake jasa kita pasti dimudahkan, apalagi mereka emang pakarnya kan. 

Tapi sebenernya, ada kok beberapa hal yang bisa kita lakuin untuk memastikan website kita udah SEO Friendly. 

Untuk itu, kamu bisa mengikuti panduan best practice dari pakar SEO ini untuk bikin website yang SEO friendly. 

Yuk langsung aja kita bahas lebih dalam. 

Bagaimana Karakteristik Halaman Yang SEO Friendly?

Cara biar kita tahu website SEO Friendly tuh gimana sih? 

Ya tentunya dengan mengenali berbagai macam karakteristik dari halaman yang SEO Friendly. Karakteristik yang paling penting dari halaman SEO Friendly adalah konsistensi nya. Jadi, jangan sekedar membuat di awal aja, tapi nanti kita ga ikutin maintenancenya. Sebagian besar dari SEO Friendly adalah maintenancenya.

Yang paling penting, kita harus pastiin kalo halaman di website yang kita punya itu bisa terindeks oleh mesin pencari, yaitu Google. Kalo halaman kita sudah terindeks, Google bisa mengunjungi halaman kita. Kan kita mau SEO Friendly, kalo Google ga bisa berkunjung ke halaman kita, gimana caranya?

Akses aja gabisa, gimana mau optimasi.

Inget, indeks by google itu penting banget. Kamu cuman harus pastiin kalo halaman kamu udh disetting dengan bener, dan Google bots bisa dengan mudah mengunjungi halaman kamu. 

Nanti, Google Bots yang dateng ke halaman kamu bakal check ini itu, segala macem isi website kamu, mulai dari link, konten, alt text, meta tag, header, dll. Hal hal itulah yang harus kamu perhatiin.

Tapi itu nanti aja, yang penting Google bisa dateng, kalo Google gabisa baca halaman kamu, apa yang mau di cek? 

Manfaat Dari Halaman Yang SEO Friendly

seo-friendly-manfaat-dari-halaman-seo-friendly

Sampai sejauh ini kamu mungkin bertanya-tanya, “apa sih gunanya website yang SEO friendly?”, “memang manfaatnya signifikan ya?”,  “emang harus ya website itu SEO friendly?”

Buat kamu yang masih skeptis tentang SEO dan besarnya keuntungan website yang SEO friendly, kamu bisa lihat manfaat-manfaat ini. Jadi, kamu nanti akan tahu kalau bagaimana website yang SEO friendly akan berpengaruh ke kamu. Dijamin deh, setelah tahu manfaatnya, kamu akan tahu saat kamu bikin website, usahamu ga akan sia-sia.

Yuk langsung aja kita lihat berbagai macam manfaatnya. 

Meningkatkan Traffic Ke Website

Nah jadi sebenernya manfaat utama dari halaman yang SEO Friendly adalah trafficnya yang pasti lebih tinggi dibanding halaman yang sama waktu dia ga SEO Friendly.

Traffic itu awal mula dari segalanya, traffic yang tinggi berarti kita bisa dapet lead, konversi, sales, atau kita juga bisa ngarahin traffic yang dateng ke berbagai hal yang kita mau. Misalnya, kita bisa tawarin promo, kasih form buat diisi, req email dan data, dan berbagai macam hal lainnya.

Kenapa website yang SEO friendly sangat mungkin punya traffic yang lebih tinggi? Jadi begini, tadi kita sudah bahas kalau website yang SEO friendly itu akan membantu memperlancar proses SEO itu sendiri. Nah, kalau SEOnya lancar, trafficnya juga lancar dong. Jadi, mau ga punya halaman dan website yang trafficnya tinggi?

Memiliki Halaman Yang User Friendly

Nah, gimana sih maksudnya manfaat dari halaman yang SEO friendly adalah mendapatkan halaman yang user friendly? Kan user itu orang, bukan mesin pencari?

Jadi gini, mesin pencari seperti Google memang adalah mesin pencari yang memudahkan kita dalam mencari informasi. Tapi, algoritma dari Google tersebut sudah diatur dengan sedemikian rupa untuk dapat memberikan hasil yang terbaik kepada para penggunanya.

Jadi, pada dasarnya, aspek-aspek yang membuat sebuah halaman atau website SEO friendly itu sudah sesuai dengan bagus buat para penggunanya. 

Jadi kita harus hati hati, jangan coba-coba deh mau bohongin Google, jangan bikin spam juga. AI Google itu selalu di update untuk terus memahami cara berpikir manusia. Pinter banget ya?

Meningkatkan Kredibilitas Halaman

Halaman yang SEO Friendly juga akan lebih terpercaya, atau biasa disebut credible. Halaman credible biasanya teridentifikasi karena memiliki banyak link. Atau banyak halaman lain yang menanam backlink untuk ke halaman itu.

Google lebih menyukai halaman yang credible. Jadi dengan menjadi halaman yang SEO Friendly kita bisa saja membutuhkan link/backlink yang lebih sedikit dibandingkan halaman yang tidak SEO Friendly.

Jadi, enak banget kan kalo kita udah berhasil bikin halaman yang SEO Friendly?

Kita Bisa Menghemat Biaya 

Halaman yang SEO Friendly itu bisa ngebantu kita jadi lebih hemat. Lah kok bisa? Ya bisa dong. Balik lagi ke tujuan utama sebuah website. Kadang orang pengen penjualan, konversi, leads, bahkan traffic. Inget, traffic adalah awal dari segalanya.

Cara tercepat untuk dapetin traffic dan interaksi lainnya dengan pengunjung adalah dengan memiliki halaman yang sesuai terus pasang ads deh. Dan ads memakan biaya yang cukup besar. Emang bener, ads itu bisa disesuaiin sama budget dan kebutuhan. 

Tapi seberapapun jumlah uang yang dikeluarkan untuk Ads, lebih baik tidak mengeluarkan uang sama sekali.

Memiliki halaman website yang SEO Friendly berarti proses SEO berjalan lancar dan kita makin ga butuh banget pakai ads. 

Begini Langkahnya Untuk Membuat Halaman SEO Friendly

seo-friendly-langkah-membuat-halaman-se0-friendly

Nah, makin ga sabar dong pengen cepet cepet punya halaman yang SEO Friendly. Janji deh, gampang banget kok buatnya.

Inget, yang penting konsisten, perhatikan detil-detilnya. Disini kita akan share keseluruhan tahapan cara membuat halaman yang SEO Friendly.

Kalo kamu sudah ikutin semua tahapannya, tapi kamu belum merasakan manfaatnya, berarti masih bisa lebih baik lagi. Tenang, semakin rajin kalian buat halaman yang SEO Friendly berarti website kalian juga akan makin SEO Friendly. Sekalian belajar. 

Yuk, tanpa basa basi lagi, langsung kita bedah tahapan tahapannya.

On-Page

Secara umum, SEO itu terbagi menjadi dua. Yaitu SEO On-Page dan juga SEO Off-Page. On-Page berarti SEO yang dilakukan pada halaman tersebut dan Off-Page berarti SEO yang dilakukan selain di halaman tersebut. 

Nanti kita akan bahas lebih lanjut tentang SEO Off-Page, sekarang kita akan dalami tahapan On-Pagenya dulu. Mulai dari ga ada halaman sampai menjadi halaman. 

SEO On-Page adalah optimasi seluruh bagian dari halaman agar menjadi SEO Friendly. Mungkin kalo kamu liat sebuah halaman, kaya halaman ini, yang kamu bisa liat cuman tulisan dan gambar. 

Nanti kamu pikir yang harus di optimasi hanya tulisan dan gambarnya saja. Salah, banyak yang terjadi di balik layar. Langsung aja kita bahas step-by-step.

Keyword

Sebelum memulai menulis halaman. Kita harus mengetahui target keyword kita. Kata kunci pilihan. Nah, buat dapetin keyword yang pas, kita harus melakukan yang namanya “keyword research” artinya “pencariaan keyword”.

Awal dari keyword research itu mengetahui, apa sih yang sebenernya yang menjadi fokus website kita? Dari situ, banyak banget opsi kata kunci yang bisa kita pake.

Hal paling penting dari kata kunci adalah relevansinya. Kalo kata kunci ga ada hubungannya sama website kita, ga ada gunanya. 

Selanjutnya, kita harus tau kita mau buat halaman seperti apa, apakah kita mau bikin sales page atau artikel. Dari situ kita bisa pilih kata kunci info, kata kunci buyer, atau kata kunci geo.

Pencarian kata kunci bisa pake tools gratis kaya Google Trend, atau tools bayar (banyak banget pilihannya). Kalo kita udah punya berbagai kata kunci yang relevan dan emang sesuai dengan tujuan website dan halaman kita. 

Kita harus pilih kata kunci dengan volume yang tinggi dan KD yang rendah. Volume adalah jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut setiap bulannya, dan KD adalah tingkat kesulitan atau kompetitor (website lain) yang juga membuat halaman yang mirip atau sama dengan halaman yang akan kita buat. 

Pilih kata kunci pertamamu, dan simpen kata kunci lain yang udah kamu temukan selamat proses kamu mencari kata kunci baru. 

Struktur Halaman (Outline)

Kalo kita udah punya keyword, selanjutnya yang kita harus lakuin adalah membandingkan. Lah nanti kalo dibandingin ada yang ga seneng? 

Kalo manusia emang ga baik di banding bandingin, tapi kalo halaman website harus dibandingin biar kita bisa dapetin halaman baru yang SEO Friendly. Buat apa sih kita bandingin halaman?

Ya kita harus tau halaman lain yang memakai keyword yang udah kita pilih kaya apasih?

Biasanya orang orang kalo nulis keyword itu di Google, pengen mendapatkan hasil yang seperti apa? Seberapa banyak headingnya? Seberapa panjang artikelnya? Mereka tuh siap beli apa cuman baca baca aja?

Ya kurang lebih kaya gitu, kita harus mulai bikin kerangka dari halaman yang akan kita tulis. Kita bisa ngerjain ini secara manual, caranya, ya langsung aja cek di Google, atau kita juga bisa pake tools.

Kalo ini sih disaranin pake tools yang bayar ya. Lah kok bayar? Kan katanya tadi gratis? Ya memang bayar, tapi kalo dibandingin sama ads, ini jauh lebih murah. Dan bayarnya itu biasanya per bulan atau per tahun. Jadi semakin banyak halaman yang kita buat. Semakin hemat. 

Judul & Konten Yang Unik

Kalo udah siap kerangkanya, kamu bisa langsung membuat halamannya. Nah halaman sebenernya hanya berisi tulisan. Tapi tulisan itu terbagi menjadi

  • Title
  • Meta Tags
  • Headings
  • Konten

Kita harus pastikan setiap dari yang telah disebutkan itu unik. Unik berbeda sama menarik. Menarik itu terserah kamu, atau terserah penulis yang kerja sama dengan kamu.

Menarik juga sangat relatif, Google masih kesulitan mengukur “menarik” dari sebuah artikel. Google biasanya menilai tingkat “menarik” dari sebuah artikel berdasarkan jumlah pengunjung dan berapa lama waktu yang mereka habiskan di website kamu. 

Jadi menarik itu sebenernya relatif. Beda dengan unik. Unik itu definitif. Banyak tools dan software yang bisa kamu pake untuk menguji keunikan tulisan kamu. Unik disini berarti, tulisan kamu itu “one of a kind”, beda dari yang lain. 

Yang paling penting sih ga copy paste, karena kalau tulisan kamu sama, dengan halaman lain yang pernah kamu buat, atau halaman di website milik orang lain, Google akan memberikan ranking ke halaman lain tersebut. 

Jadi ga ada gunanya, seberapa banyak halaman yang kamu buat, seberapa panjang tulisan yang kamu tulis, kalo judul dan kontenya ga unik.

Penggunaan Gambar Dan Multimedia Lainnya

Gambar dan multimedia lainnya kaya video, gallery, interactive form, dll. Pokoknya fitur lain di halaman selain tulisan. 

Masalah paling besar yang terjadi disini adalah ukurannya. Ukuran yang terlalu besar akan memberatkan halaman, membuat page speed jadi lebih lambat. Asal mula dari halaman yang tidak SEO Friendly, dikarenakan tidak mengoptimasi gambar dan multimedia lainnya. 

Gambar yang dipakai bisa dikurangi ukurannya, tapi tepat di optimasi agar tidak blur. Kalo kamu mau nampilin video, bisa upload di youtube dulu nanti baru cantumin link, jadi website ga keberatan. 

Kalo udah jangan lupa pake alt tag dan transkrip video, biar Google tau, orang tuh liat apasih. Karena, meskipun Google udah pinter banget, Google masih terbatas, jadi peran kita disini adalah membantu Google dengan keterbatasannya. 

Struktur URL

Sebelum publikasi halaman, kamu pasti harus bikin URL buat halaman tersebut. Kalo kamu belum tau URL itu apa, URL itu yang kita bisa lihat di bagian atas browser kita. Itu adalah alamat yang orang atau Google bisa pakai untuk menemukan halaman kita.

URL harus dibuat berdasarkan struktur halaman, dan juga konten halaman. URL harus relevan dengan halaman. Selain relevan, Google sangat suka URL yang pendek, makin pendek dan jelas, makin baik. Jadi URL itu ga harus sama dengan judul, lebih cocok di samain sama keyword.

Ya gitu sih kira kira tipsnya. 

URL yang lebih singkat juga memudahkan orang untuk mengidentifikasi halaman kamu dan kontennya. Selain menarik buat Google, URL yang ringkas juga meningkatkan User Experience. Win win lagi deh. 

Artikel Yang Bermanfaat

Halaman yang bermanfaat berarti halaman yang bisa menjawab pertanyaan yang dimiliki oleh pengguna atau pembaca, atau teknisnya cocok sama intent. Gimana caranya biar kita tahu konten atau artikel kita bisa menjawab pertanyaan mereka?

Kita bisa cek di mesin pencari, Google lah misalnya. Kita masukkan kata kunci yang telah kita pilih tadi, nah kira-kira hasil dari pencarian kita itu kaya gimana. Dari sana kita dapat gambaran kan tentang apa yang dicari oleh orang. Kok bisa gitu?

Google memang gabisa mengerti konten halaman secara langsung. Tapi Google percaya bahwa halaman yang bermanfaat akan membuat orang lebih lama memabaca di halaman itu, dan halaman yang bermanfaat juga akan sering dikunjungi orang. Karena itu, sudah bisa dijamin kalau yang punya ranking tinggi di hasil pencarian adalah yang relevan dan bermanfaat bagi yang melihatnya.

Kalau sudah dapat gambaran, udah deh, kita tinggal bikin outline terus buat kontennya. Kita bisa pakai gambaran tadi sebagai referensi, tapi ga sampai di copy-paste tok. Buat seunik mungkin dengan bahasa sendiri dan sudut pandang yang berbeda. 

Pastiin juga pembahasannya berhubungan sama website inti kamu. Mungkin banyak orang yang mencari tahu tentang kopi. Tapi kamu jualan tas. Ga mungkin dong, tiba tiba kamu bahas kopi? 

Ingat, yang paling penting dalam membuat artikel adalah relevansinya dengan website kita dan juga dengan tujuan pembacanya. Hal inilah yang akan membuat kontennya akan terasa bermanfaat bagi pembaca.

Off-Page

Tadi kita sudah singgung soal SEO Off Page di awal, nah pada giliran kali ini kita akan membahasnya lebih lanjut. Kita juga bisa membuat halaman yang SEO Friendly dengan cara off page. 

Mungkin kita bisa mulai dengan pertanyaan, Apa itu off page?

SEO Off Page adalah semua yang kamu lakuin tapi ga keliatan di halaman website kamu. Kalo tadi kita bahas keyword, outline, judul, konten, gambar, kan semuanya pasti langsung keliatan sama orang. Gimana dengan fitur-fitur situs yang ga keliatan sama orang?

Contohnya paling gampang itu link building. Link building adalah cara menghubungkan satu halaman dan halaman lainnya dengan menggunakan backlink. Caranya biasa dengan berbagai hal, salah satunya bisa dilakukan dengan membuat link ke halaman website kamu di halaman orang lain. 

Link Building bisa dimulai dengan kenalan sama orang yang punya website, terus bisa  bisa juga guest blogging di website orang, atau bisa tukeran link. Jadi kamu numpang link di website orang dan orang tersebut juga akan numpang link di website kamu. 

Proses “linking” ini juga bisa terjadi bahkan tanpa kita lakukan. Kalau memang konten yang kita bikin bermanfaat dan punya kredibilitas yang tinggi, orang akan sukarela merujuk ke website kita dan membuat link ke halaman terkait di website kita. Free of charge.

Secara user, mungkin dia tidak akan meningkatkan traffic secara signifikan, tapi Google akan menganggap website kamu sangat bermanfaat dan menaikkan ranking kamu di search result. Dari situ ranking kamu akan terus meningkat.

Kalau kamu tidak melakukan link building, meskipun SEO On-page kamu sudah sangat bagus, tapi Google mungkin lebih mengutamakan halaman yang punya banyak backlink. Alasannya? Karena kredibilitas yang sudah disebutkan tadi. 

Apakah Kamu Sudah Siap?

seo-friendly-apakah-kamu-sudah-siap

Ini udah lengkap banget, dan kalo kamu ikutin dari awal sampe akhir dijamin halaman kamu pasti SEO Friendly. Gimana diskusi kita hari ini? Menarik kan?

Semoga sesi sharing hari ini bermanfaat ya. Ga terlalu ribet, tapi bener bener efektif dan bisa ningkatin kualitas halaman kamu. SEO Friendly seharusnya menjadi panduan untuk semua website yang ada di Internet. 

Kamu udah siap belum? Kira kira masih ada yang kurang? Atau kamu ngerasa semangat banget buat mulai bikin halaman yang friendly?

 

Nah, kita sudah mengetahui tentang halaman web yang SEO friendly. Sekarang, saatnya untuk mulai membuatnya. Kita bisa mulai dari SEO on-page terlebih dahulu yang berfokus pada konten halaman webnya. Yuk kita mulai!

 

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy