SEO On Page – Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang SEO On Page

Dunia digital adalah pasar yang ramai. Bagaimana Anda mengoptimalkan kehadiran online Anda dan memastikan suara Anda terdengar? Mulailah dengan memastikan Anda sudah mengetahui dasar SEO on-page terkini untuk memberikan kinerja tertinggi untuk website Anda dan visibilitas untuk target audiens Anda.

Selama beberapa tahun ini, “peraturan” on-page sudah berubah drastis karena Google mencoba memastikan mereka memberikan hasil terbaik. Sekarang pencarian Google pada umumnya menampilkan halaman yang tidak selalu memiliki kata kunci yang persis sama di Title Tag ataupun Meta Description mereka. 

Sekarang kita berurusan dengan algoritma peringkat seperti Hummingbird, Panda, Rankbrain dan kepentingan semantik dalam halaman. Google semakin pintar, maka dari itu strategi on-page Anda harus lebih pintar. 

Apa itu SEO On-page? 

Kalau Anda ketik “SEO on-page” pada Google, Anda dapat melihat “kegiatan optimalisasi halaman web individu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan traffic yang lebih banyak. On-page mencakup konten dan juga source code HTML sebuah halaman yang dapat di optimasi, beda dengan SEO off-page yang mencakup link dan signal eksternal lainnya. 

Ini mempertimbangkan semua aspek di halaman web yang akan meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian. Karena Google menjadi lebih canggih, faktor utama yang mempengaruhi optimasi on-page adalah relevansi. Seberapa relevan halaman Anda dengan kueri? Itulah pola pikir yang harus Anda miliki sangat mengembangkan halaman. 

Pikirkan tugas ini sebagai manfaat bagi pengguna akhir Anda. Anda hanya memiliki delapan detik untuk membuat seorang pengunjung berinteraksi dengan website Anda. Semakin banyak interaksi serta keterlibatan mereka, dan semakin lama mereka menghabiskan waktu di website Anda, maka semakin baik pengalaman mereka. 

Kalau Anda mendedikasikan waktu pada strategi dan kategori ini, Anda akan melihat peningkatan di traffic dan kehadiran di hasil Google. Setelah Anda mengerti semua yang harus dilakukan untuk SEO on-page, analisis situs Anda untuk melihat bagaimana performa anatomi halaman Anda. 

Meta Tags

Penggunaan tag dapat disebut sebagai salah satu aspek SEO on-page yang paling penting. Beberapa memang tidak sepenting dulu, tapi kalau dibuat dan digunakan secara optimal, akan meningkatkan traffic. 

Meta tags berguna sebagai pemberi informasi tentang website Anda kepada Google. Peringkat tertinggi bergantung pada relevansi dan kepuasan pengguna, tapi dengan menggunakan meta tag khusus dapat mempengaruhi pengguna dan meningkatkan jumlah halaman Anda yang diklik.

Title Tags

Terdapat beberapa tag di halaman Anda. Yang paling penting adalah title tag (judul). Para pengguna akan melihat judul saat melakukan pencarian organik atau melihat iklan, dan kata-kata yang muncul di tiap tab di atas browser Anda. 

Title tag memberikan gambaran halamannya tentang apa. Saat melakukan peringkat untuk kueri tertentu, Google melihat title tag dan membandingkannya dengan konten halaman. 

Kalau anda mengerjakan HTML, kode dari title tag terlihat seperti ini: 

<title>SEO On Page – Semua Yang Perlu Anda Ketahui</title>

Plugin SEO Yoast di WordPress memberikan Anda akses untuk membuat title tag yang berbeda. Buat title tag deskriptif dan pendek. Google baru saja meningkatkan batas karakter menjadi 70 sebelum beralih ke elips. 

Praktik terbaik ada untuk menjaga agar Anda tetap di dalam batas karakter agar judul Anda ditampilkan dengan sempurna. Anda dapat menggunakan Snippet Optimizer untuk melihat bagaimana title tag dan meta description Anda akan terlihat di SERPs. 

Gunakan title tag untuk terlihat lebih baik dibandingkan dengan kompetitor Anda. Pastikan semua informasi yang diperlukan ada, termasuk kata kunci dan lokasi Anda. 

Sebenarnya direkomendasikan untuk menggunakan kata kunci utama Anda di title tag, tapi Google mulai beralih pada relevansi dan semantik pada hasil yang ditunjukkan. Pengguna tidak menklik hasil pertama begitu saja, membaca title dan description membantu menjawab kueri mereka. 

Meta Descriptions

Meta description menyampaikan apa yang akan ditemukan pengguna pada halaman tersebut. Meskipun bukan faktor peringkat yang langsung, mesin pencari membaca meta description untuk menentukan topik halaman dan pengguna yang akan membutuhkannya. 

Meta description dapat memberikan keunggulan tersendiri di hasil pencarian, memberikan jumlah klik yang lebih banyak. Terdapat kemungkinan Google akan merubah deskripsi yang Anda buat dan menggantikannya dengan kutipan yang diambil dari konten halaman, tidak ada salahnya Anda mengisi deskripsi khusus. 

Cara terbaik untuk melihat meta description Anda adalah dengan melakukan pengecheckan. Ketahui setiap URL di domain Anda, meta description, dan jumlah karakternya. 

Pada tahun 2016 awal, Google memperpanjang batas deskripsi untuk desktop dan mobile. Pengguna dapat melihat 200 karakter di desktop, dan 172 karakter di mobile. Untuk menjaga kepuasan kedua pengguna, batasi deskripsi Anda sekitar 165 sampai 175 karakter. 

Buatlah garis besar yang jelas tentang konten halaman Anda. Tambahkan nama (merek) Anda dan masukkan beberapa kata kunci kalau bisa. Pikirkan sinonim dan istilah lain yang akan membantu penyampaian pesan Anda. 

Ini adalah interaksi pertama antara pengunjung dan merek Anda. Buat itu ramah. 

Pikirkan meta description sebagai iklan organik tulisan Anda. Kasih tahu pengguna apa yang akan mereka dapatkan saat mereka klik website Anda, cantumkan tawaran atau CTA. Anda juga dapat melihat website lain menyajikan lebih dari satu link untuk mengarahkan pengguna pada halaman yang mereka cari. 

Untuk menjaga traffic dan kesuksesan situs Anda, mulailah dengan title tag dan meta tag. Saat Anda mendapatkan klik, serahkan pada kualitas konten dan pengalaman pengguna untuk menjaga keterlibatan. 

Heading Tags

Landing page atau blog seharusnya memiliki beberapa heading (H), mulai dari H1 sampai H6. Paling penting adalah H1. Jangan pernah membuat lebih dari satu H1 di halaman manapun. Anda harus memuat beberapa H2 atau H3 pada halaman Anda. Ini disebut subheading. 

Gunakan heading untuk menandakan bagian yang berbeda pada halaman. Anda akan melihat dampak dari sisi pengguna dan SEO. 

Faktor SEO

Faktor SEO adalah dengan menambahkan judul halaman menggunakan kata yang Anda gunakan pada heading tag yang akan memberikan pengguna pengertian yang lebih jelas tentang konten halaman Anda. Algoritma Google membandingkan setiap bagian konten dengan heading tagnya untuk mengetahui relevansi. 

Heading Anda digunakan untuk memberikan struktur pada halaman, pastikan konten menyokong heading. 

Kata kunci utama halaman harus termasuk dalam H1 Tag Anda. Selalu gunakan H1 pada halaman, karena H1 memberikan pengertian kepada Google dan juga pengunjung. Banyak situs, seperti WordPress, yang secara otomatis memasukkan judul blog sebagai H1. Pastikan tag H1 ada dengan melihat versi HTML sebuah halaman.

Ada faktor yang harus Anda hindari yaitu menggunakan kata kunci yang tidak penting pada heading Anda. 

Jangan menggunakan tag H1 yang sama pada halaman yang berbeda dalam website Anda. Ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi SEO karena Google tidak tahu halaman mana yang harus diberikan peringkat. 

Plugin SEO Yoast di WordPress membantu Anda mengetahui seberapa kuat halaman Anda. Plugin tersebut menganalisis faktor on-page untuk memastikan halaman sudah teroptimalisasi secara maksimal. Sebagai tambahan, Anda juga diberitahu akan isu lainnya yang muncul di judul halaman, deskripsi meta, heading, gambar, konten, dll. 

Faktor Kegunaan

Untuk landing page dan beberapa blog, ingat bahwa pengguna tidak membaca seluruh halaman. Mereka membaca dengan cepat dan mencari jawaban yang berkualitas untuk menjawab pertanyaan mereka. 

Heading dan subheading digunakan untuk membagi halaman, memberikan tampilan yang lebih bersih dan jelas. 

Subheading memberikan pengguna arah saat membaca halaman. Saat Anda mengubah subjek yang dibahas, gunakan H2. Kalau Anda melakukan pembahasan lebih dalam dan perlu subheading, gunakan H3. 

Jangan mengabaikan heading. Mereka memiliki kepentingan lebih dari paragraf <p> atau kata yang di bold. Selalu pikirkan pembaca Anda saat membuat heading. Harus terlihat natural demi mengoptimalisasi halaman Anda. 

URL Strings

Saat Anda menulis URL string, buatlah pendek, ringkas, dan mudah dibaca. Bagaimana cara membuat URL string yang sempurna?

Saat menganalisis panjang URL, Ahrefs menemukan bahwa URL yang lebih pendek memiliki ranking yang lebih baik. Penelitian ini mempelajari panjang dan berkas dari suatu URL. Mereka menghitung setiap domain akara sebagai satu berkas, dan setiap backlash (/) setelah akar sebagai berkas lainnya. 

  • http://domain.id (Berkas = 1)
  • http://domain.id/berkas1 (Berkas = 2)
  • http://domain.id/berkas1/berkas2 (Berkas = 3)

Dilaporkan bahwa URL dengan berkas yang lebih sedikit juga mendapatkan peringkat yang lebih baik. Ahli mengatakan bahwa berkas yang lebih banyak “memberikan persepsi kedalaman bagi mesin dan pengguna, dan membuat suntingan URL string lebih kompleks”. 

Mulai dari produk interior, halaman servis, ataupun post blog, cara menulis URL adalah kegiatan SEO yang harus diperhatikan. Setiap kata pada URL Anda harus dipisah dengan hyphen (-) bukan underscore (_). 

Saat Anda memiliki dua halaman yang menyajikan konten atau informasi serupa, buat redirect 301 atau kanonikal tag (rel=canonical) pada halaman yang lebih kuat. Hal ini menghindari duplikat konten dan memberitahu Google halaman mana yang harus diberikan peringkat. 

Buat URL Anda pendek. Semakin pendek URL, semakin mudah membagikan atau mencantumkan saat membuat pengalaman pengguna yang baik. Anda ingin pengguna mengidentifikasi topik halaman dengan cepat tanpa melihat nomor, kategori, simbol, atau campuran dari ketiganya di string URL. 

Manfaatkan kata kunci utama di URL. Seperti faktor on-page lainnya, jangan buat URL string Anda terdengar tidak natural atau terpaksa dengan kata kunci. Coba buat sekitar lima kata, yang jelas menguraikan informasi yang akan ditemukan pengguna. 

Jangan biarkan pengunjung bingung akan apa isi halaman Anda. Judul, deskripsi meta, dan URL harus sudah menjelaskan. 

Konten Yang Ramah Bagi Pengguna dan Berwenang 

Saat Google melakukan crawl pada halaman Anda, Google ingin mencocokkan isi dengan maksud pengguna. Konten Anda harus menjelaskan produk atau servis apa yang Anda tawarkan, atau topik blog Anda. 

Internet memiliki konten yang sangat banyak, penting untuk memastikan blog Anda unik. Salah satu istilah yang akan sering Anda dengar di dunia pemasaran konten dan SEO adalah “konten adalah raja”. Pada dasarnya pemasaran konten dan SEO banyak tumpang tindih. 

Mereka saling melengkapi. Konten mencakup penggunaan kata, kata kunci, dan menulis untuk manusia sambil memperhatikan yang diinginkan Google. Ini adalah yang mebangun fondasi SEO dan kebanyakan on-page Anda. 

Pikirkan konten seperti cara komunikasi dengan pembaca Anda. Apakah mereka akan terhibur atau tertarik? Atau akankah mereka bosan dan meninggalkan situs Anda?

Saat membuat konten, Anda harus memastikan bahwa itu memberikan kesan otoritas di bidangnya. Konten terbaik berkomunikasi langsung pada pelanggan Anda, memperlihatkan nilai yang ditawarkan, membujuk mereka untuk lanjut baca dan menghubungi perusahaan Anda. 

Untuk meningkatkan SEO on-page dan traffic, konten harus memberi jawaban bagi masalah pengguna dengan tulisan yang bagus tanpa kesalahan penulisan. Hati-hati agar tidak bermasalah dengan Google karena tidak mengikuti algoritma yang baru.  

Sadar Akan Algoritma Google

Untuk membuang website yang memiliki peringkat tinggi dengan spam, kata kunci terlalu banyak, dan konten yang sedikit, Google mengeluarkan algoritma Panda di Februari 2011, dan sering memperbarui. Kalau Anda masih memiliki konten sedikit yang berkualitas rendah, website Anda tidak akan ditemukan online. 

Terdapat panduan untuk memahami algoritma Panda. Dikatakan oleh jubir Google bahwa “Pada akhirnya, pembuat konten tidak seharusnya melihat berapa pengunjung yang datang, tapi berapa orang yang sudah mereka bantu dengan tulisan mereka”.

Sekarang, Panda adalah signal peringkat utama, Anda akan mendapatkan peningkatan peringkat saat Anda memenuhi ekspektasi pengguna secara konsisten. Di saat yang bersamaan Anda mengeluarkan konten berkualitas yang optimal untuk kata kunci yang sering dicari dan dipikirkan oleh pengguna. 

Pemasar digital dan SEO terus mencoba mencari tahu efek dari Google RankBrain di masa kecerdasan buatan ini. 

Konten dengan Target Kata Kunci

Meskipun Anda harus memberikan website dengan otoritas dan pengalaman yang baik pada pengguna, kata kunci utama masih sangat penting. Seperti meta tag, Anda akan memberikan garis besar dengan kata kunci meta untuk servis atau produk yang menargetkan beberapa kueri, atau satu kata kunci fokus bagi blog. 

Semuanya dapat ditemukan di halaman WordPress dan post. Tapi, mengapa kata kunci target penting? Penggunaan yang benar akan memberikan pengaruh positif langsung bagi investasi pemasaran digital Anda. Lebih banyak yang Anda ketahui tentang kata kunci, lebih baik strategi pemasaran Anda. 

Selalu pastikan Anda memberikan nilai terbaik bagi mereka Anda dengan kata kunci target yang sering dicari. 

Untuk memaksimalkan SEO on-page Anda, lakukan pencarian kata kunci dan percaya bahwa perusahaan Anda dapat merubah istilah yang ditargetkan. Tidak ada yang lebih buruk daripada muncul pertama di halaman hasil dan tidak mendapatkan konversi. 

Gunakan Google AdWords Keyword Planner untuk melihat volume pencarian, atau menganalisis yang di target kompetitor Anda dengan SEMRush. Keyword Planner memberikan variasi untuk kata kunci anda yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalisasi halaman Anda. 

Pikirkan tipe kata kunci yang terbaik untuk perusahaan Anda. 

  • Kata kunci Informatif: istilah seperti “SEO On-page” saat pengguna ingin mempelajari lebih banyak tentang topik itu. 
  • Kata kunci Transaksional: Kata yang menargetkan pengguna yang ingin membeli produk atau servis. Biasanya menggunakan kata sifat seperti “terbaik” atau “utama” dan lebih panjang. 
  • Kata kunci Berbasis Lokasi: Saat pengguna ingin mengetahui lokasi bisnis lokal atau lokasi alis lainnya. 

Untuk memastikan relevansi dari suatu kueri, Google melihat kata kunci LSI, atau sinonim untuk kata kunci yang dicari. LSI (Latent Semantic Indexing) adalah Pengindexan Semantik Laten yang mengetahui pola dalam istilah, topik, dan konsep sebuah halaman. 

Saat menulis konten yang panjang Anda dapat menggunakan kata kunci LSI dengan lebih natural. 

Konten seharusnya tidak hanya memiliki satu kata kunci utama, tujuan Anda dengan SEO on-page adalah untuk memiliki peringkat tinggi bagi semua kueri yang berhubungan dengan sinonim. 

Kembali ke relevansi. Meskipun kata kunci utama Anda dicari sebanyak 50,000 kali perbulannya, halaman Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kueri serupa yang hanya dicari 1,000 kali perbulannya. 

Tulis konten yang akan mengalihkan traffic dari banyak kueri. Tujuannya adalah untuk mendapatkan klik dan menggunakan faktor on-page untuk meningkatkan konversi. 

Internal Links dan Outbound Links

Link adalah yang paling berpengaruh pada SEO Anda. Mendapatkan link dari sumber berkualitas dan situs otoritas memperkuat domain, sementara membuat link internal dalam situs memberikan manfaat bagi pengalaman pengguna dan meningkatkan SEO Anda. 

Praktik pendapatan link termasuk dalam strategi SEO off-page. Gunakan pemasaran konten tambahan, email, dan cara kreatif lainnya untuk membangun link kembali pada situs Anda. 

Fokus pada halaman, internal link ke halaman lain di situs Anda akan memperkuat kata kunci dan membuat Google yakin oeringkat apa yang harus diberikan untuk kata kunci tertentu. Link secara internal – antara halaman layanan dan blog – membantu meningkatkan crawlability dari situs Anda, memperlihatkan pada Google halaman mana yang paling penting. 

Kalau Anda menaruh link baru pada homepage, Anda akan memudahkan Google untuk melihat bahwa Anda telah melakukan pembaruan pada situs Anda dan memberikan konten baru dari pada mencari di seluruh website untuk menemukan konten barunya. 

Manfaat dari link internal adalah ia memberikan pengguna opsi lebih untuk tetap di website Anda. Keterlibatan lebih banyak pada halaman relevan, akan disadari juga oleh Google. Jangan taruh internal link di tiap kalimat, tapi memasukkan beberapa link di setiap halaman untuk mendukung SEO Anda. 

Optimalkan Gambar Anda

Saat Anda menambahkan gambar pada halaman, itu akan bermanfaat bagi pengalaman pengguna. Tapi Anda juga dapat membantu strategi SEO dengan optimalisasi gambar. Buat kata kunci target utama alt text dan buat judul yang unik, tapi tetap berhubungan dengan gambar. Featured image artikel ini memiliki judul unik dan alt text mengenai post. 

Optimalisasi tag alt memberikan Google indikasi lain akan topik halaman Anda. Tag alt harus digunakan untuk mendeskripsikan apa yang ada pada gambar, jadi kita kembali ke relevansi. Tidak akan masuk akal untuk memiliki gambar laba-laba dengan tag alt “burung”. 

Ini adalah nilai dari tag alt. Pikirkan saat gambar tidak dapat loading, apa yang akan dilihat pengguna? Tag alt. Jangan memaksakan kata kunci ke dalam tag alt. Pastikan cocok dengan dengan gambar dan gambar relevan dengan tulisan. 

Kata Yoast, “Tentunya, gambar harus mencerminkan topik post, atau memiliki tujuan ilustrasi dalam artikel”.

Gambar memiliki peran penting dalam konversi. Untuk keperluan SEO, pastikan sudah dibuat dengan ukuran yang benar. Gambar yang lebih besar akan memakan waktu yang lebih lama untuk loading. Buatlah agar gambar memiliki ukuran yang paling kecil. 

Kita hidup di dunia visual, meskipun konten adalah hal yang paling penting, pastikan gambar dapat menangkap perhatian juga. 

Respon Seluler

Agar halaman Anda relevan dan SEO on-page Anda meningkat, website Anda harus mobile-friendly dan dapat merespon di 2016 dan seterusnya. Website responsif memberikan pengalaman yang sama bagi merek Anda pada perangkat apapun. 

Terdapat beberapa keuntungan dalam membuat website anda responsif dan menarik bagi pengguna ponsel. Anda akan melihat signal peringkat positif karena Update Algoritma Mobile 2015 yang terus bertujuan untuk memberikan hasil terbaik. 

Lebih dari 50% pengguna menghabiskan waktu mereka browsing dan mencari di ponsel dibandingkan desktop. Gunakan alam Mobile-Friendly Test Tool untuk mengetahui bagaimana Googlebot melihat halaman Anda. 

Untuk terus memberikan pengalaman pengguna terbaik dan tercepat, Google mulai menunjukkan Accelerate Mobile Pages (AMP) di hasil pencarian. Biasanya digunakan untuk berita dan artikel, halaman ini load dengan cepat dan mudah diidentifikasi dengan simbol petir. Semakin cepat loadingnya, semakin menarik bagi pengguna ponsel. 

Ingat bahwa saat pengguna membuka website atau blog, mungkin mereka menggunakan ponsel. Ada dapat check untuk memastikan website Anda mobile-friendly atau tidak dengan Google’s Test Tool. Kalau situs Anda tidak mobile-friendly, Google akan memberi gambaran apa saja yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki masalahnya. 

Anda akan memuaskan pelanggan dengan fungsionalitas dan secara bersamaan membuat website Anda lebih relevan. 

Kecepatan Situs

Di era digital kecepatan sangat diperlukan. Kita tidak suka menunggu. Kalau halaman tidak langsung loading, kita cari halaman lain yang lebih cepat. Apakah Anda membantu atau malah merusak pengalaman pengguna? 

Hampir setengah dari pengguna ponsel akan meninggalkan situs kalau tidak loading dalam waktu 3 detik. Diketahui bahwa website yang cepat loading akan memiliki peringkat lebih baik di Google. 

Menjaga agar pengunjung selalu senang akan meningkatkan konversi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa 58% dari pengguna mobile ingin halaman loading secara cepat, kalau bisa lebih cepat dari desktop.

Optimalkan situs Anda dan perhatikan faktor lainnya yang akan membuat halaman loading lebih cepat. Perhatikan situs dan lihat apakah ada yang memperlambat loading. 

  • Tingkatkan Caching Browser
  • Optimalkan Plugins & Gambar
  • Gunakan Kompersi GZIP
  • Pindah ke Host Lebih Cepat
  • Bersihkan HTML & Kode CSS 
  • Buang Iklan
  • Kurangkan Redirects

Menurut suatu laporan, kompresi dan optimalisasi gambar, merupakan faktor penting bagi kecepatan website loading. Sebuah penelitian menyatakan bahwa gambar berpengaruh pada 50% sampai 60% dari berat suatu halaman. Kalau gambar Anda terlalu besar, mungkin membuat performa lebih rendah. 

Ada alat yang dapat digunakan untuk memastikan performa dari situs Anda memiliki standar yang sesuai untuk Anda dan juga pengunjung. Kalau Anda memiliki akun Google Analitik, Anda dapat melihat kecepatan pada tab “Behavior” di sidebar kiri. 

Alat lain yang memberikan tips dan masukkan akan performa kecepatan halaman, dan cara memperbaikinya termasuk. 

Semakin cepat halaman Anda loading, semakin banyak keterlibatan yang akan Anda dapatkan. Saat semua faktor SEO on-page sudah berjalan, fokus pada pengurangan waktu loading. Pelanggan Anda akan memilih situs Anda. 

Halaman Yang Sudah Dioptimalkan Dengan Sempurna 

Dari atas ke bawah, perhatikan aliran website Anda. Dari tampilan halaman, hingga bagian teknikal, sampai informasi meta teroptimalisasi, keseluruhan aspek adalah yang membuat halaman teroptimalisasi dengan sempurna. 

Pemasaran digital adalah bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan. Menuntun mereka untuk membuat keputusan sambil mengedukasi diri Anda akan aspek mana yang memberikan kehadiran terbaik di Google. Intinya adalah: 

  • Relevansi
  • Konten Berkualitas
  • Meta Tag yang Ditulis dengan Baik
  • Link
  • Data Terstruktur

Pastikan Anda memberikan Google signal yang benar, implementasikan meta tag, title tag, heading kustom dan buatlah konten berkualitas. Berikan pengunjung informasi yang mereka inginkan, dan pelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan website Anda dengan pelacakan analitis. 

Ini adalah sisi teknikal SEO, dan bukan termasuk teknik dan strategi optimalisasi yang terdapat pada halaman. 

Saat semua sudah berjalan, lihatlah Google Analytics dan Google Search Console (Webmaster Tools) untuk melihat bagaimana performa situs Anda. 

Selagi mesin pencari (Google) cache dan crawl halaman Anda, apakah mereka akan menemukan crawl error? Ini dapat mengurangi performa Anda. Crawl error termasuk link rusak, halaman dinamik, 404, error pada situs robots.txt, error sitemap, dll. 

Ini artinya beberapa halaman tidak dapat diakses dengan mudah oleh bot. Google memperbolehkan Anda untuk menangani dan memperbaiki kesehatan dari seluruh situs Anda. 

Tujuan Anda adalah membuat konversi. Mengimplementasi taktik SEO on-page ini akan memberikan fondasi kuat yang menginformasikan Google dan membujuk pengguna. 

Halaman yang dioptimalisasi secara sempurna meninggalkan kesan pengguna yang baik dan memperkuat merek Anda. 

Ini juga akan meningkatkan traffic, memperbaiki peringkat di Google untuk kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda, dan mengarahkan lead. Apakah Anda sudah mengimplementasikan optimalisasi halaman dengan sempurna? Bagaimana hasilnya? Baca selanjutnya mengenai SEO yang dibutuhkan tiap halaman.

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy