Page Speed: Cara Optimasi & Speed Website Test

page-speed

Siapa sih yang suka nunggu. Pasti ga ada. Apalagi di jaman now. Dimana semuanya cepet, semuanya instan. Masa sih ada yang masih mau nungguin website loading, keburu ujan. 

Jangankan 1 menit, 10 detik aja pasti kerasa lama. Faktanya, 70% orang orang bakal langsung menutup halaman kalau tidak loading dalam waktu 3 detik. 

Mungkin orang kalo baca ini bakal mikir, masa sih ga bisa nunggu 10 detik aja. Tapi, memang benar lho, orang ga ada yang mau nunggu, apa lagi kalau ada banyak pilihan. Jangankan konversi atau penjualan, traffic bisa jauh berkurang hanya karena websitenya loading terlalu lama. 

Website yang loadingnya lama, pasti ditinggalin, dan orang bisa dengan mudahnya buka website lain yang mungkin jauh lebih cepet. Jadi emang website speed itu salah satu faktor SEO yang penting banget. 

Nah gimana sih caranya bikin website yang loadingnya cepet? Ya kita bisa perhatian ke berbagai faktor yang bisa buat halaman loading lebih cepat. Yuk, kita liat faktor-faktornya apa aja. 

Peran Penting Page Speed

Sebelum kita bahas cara-caranya, sebaiknya pahami dulu urgensi dari page speed ini. Ya jadi seperti yang sudah dijelaskan sedikit. Page speed emang sepenting itu kalo kita mau dapet traffic, konversi (conversion), atau penjualan. 

Coba bayangin deh, kamu udah seneng banget nih, dan pengen milih milih aksesoris sepeda, eh mau milihnya aja susah karena lama banget loadingnya. Langsung hilang deh prospek pembeli kamu.

Intinya, page speed itu berperan dalam meningkatkan kenyamanan pengguna. Jadi ga cuma foto, atau konten yang penting, speed juga ga kalah penting deh pokoknya. 

Kalau website kamu cepat loadingnya, orang jadi bisa eksplor halaman halaman website kamu dengan mudah dan nyaman. Jadi, kalau kamu nawarin 100 produk, atau mungkin 100 artikel, atau 100 video, atau mungkin portfolio kamu ada 100, ya intinya mau seberapa pun jumlahnya deh, Orang bisa liat sebanyak yang mereka mau. 

Kenapa? Karena saat mereka membuka halaman baru terus halaman lainnya, lagi dan lagi, semuanya jadi ga kerasa karena page speed yang cepat tadi.

Kalo waktu loading buat satu halaman aja lama, yaudah deh, jangan harap halaman kedua atau ketiga bakal dilihat. 

Tapi kalo kita terlalu mentingin page speed dan bukan kualitas konten, orang juga akan pergi karena mereka ga tertarik sama konten yang kita kasih lihat.

Mankanya, di situlah letak pentingnya belajar SEO, dan tahu faktor faktor apa aja yang harus diperhatiin biar bisa bener-bener maksimalin user experience dan bukan page speed aja.

Dampak Page Speed Pada SEO On-Page

Nah, kita kan udah tau nih kalo manusia itu fans berat yang instan termasuk page speed. Ternyata, Google juga suka sama halaman halaman yang loadingnya cepet. 

Google bisa tau halaman mana aja yang punya page speed bagus, dan google akan mengutamakan halaman halaman yang loading dengan cepet. 

Secara langsung, halaman dengan speed yang lebih cepet pasti punya peringkat yang lebih tinggi dibandingin sama halaman yang loadingnya lama.

Kita semua tau kalo page rank yang lebih tinggi berarti semakin banyak juga pengunjung ke halaman itu. Nah kalo traffic udah bagus, kita bisa ngarahin massa yang kita punya, kemanapun kita mau. 

Jadi banyak banget deh pokoknya keuntungan dari page speed yang cepat:

  1. Orang orang suka halamannya dan user experience juga lebih oke
  2. Google suka halamannya dan bakal ngasih page rank yang lebih tinggi
  3. Traffic juga bagus
  4. Bisa dapet konversi & penjualan yang lebih cepet

Kalo kamu udah yakin kamu pengen page speed yang cepet tapi masih bingung gimana cara ceknya? Tenang, abis ini kita bakal langsung mulai cara-caranya.

Cara Tercepat Optimasi Page Speed

page-speed-cara-tercepat-optimasi-page-speed

Banyak banget fitur fitur dari sebuah halaman. Ada gambar, form, judul, dll. Nah mungkin kamu bingung, mau mulai dari mana. Gimana sih caranya biar halaman tetep menarik tapi page speed juga cepet?

Ada yang bilang, katanya kompresi dan optimalisasi gambar adalah faktor paling penting dalam meningkatkan page speed. 

FYI, gambar itu mempengaruhi sebesar 50% sampe 60% dari berat halaman. Kalau gambar yang dipasang terlalu besar, performanya halaman juga menurun karena bebannya juga berat. 

Nah, itu tadi salah satu yang bisa dicoba untuk meningkatkan page speed. Tapi, tentunya itu bukan cara satu-satunya dong. Di sini kita bakal jelasin berbagai macam cara yang bisa kalian lakuin biar halamannya cepet.

Tingkatkan Caching Browser

Sebelum kita bahas cara meningkatkan caching browser, mungkin kamu bingung. Browser Cache itu apa sih? 

Jadi, pada saat kita buka halaman, data-datanya akan di-request ke web server. Jadi, website itu akan lengkap kalo gambar, tulisan, dll sudah nyampe semua dari web servernya, dimanapun itu. 

Kalo browser cachenya tinggi, nanti, kalo kamu buka halaman yang sama, udah ada semua atau beberapa data yang udah siap di browser cache kamu, jadi ga usah nunggu lagi.

Semakin besar browser cachenya, semakin banyak data yang standby, dan semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk nunggu data datanya sampe. 

Kalau untuk caranya sendiri, cukup teknikal. Kamu bisa lihat tutorial atau bisa minta tolong web developer kamu.

Optimalkan Plugins & Gambar

Suatu website biasanya punya plugin dan juga gambar yang banyak. Kita bahas plugin dulu ya. 

Plugin, atau spesifiknya plugin website itu adalah komponen software yang bisa memberikan fungsi tambahan ke website kita. Aduh teknis banget ya. Pada dasarnya hampir semua website itu cuman bisa bikin judul dan isi. Mungkin beberapa support gambar, tapi udah itu aja.

Kalo kita liat website sekarang bisa beli, liat lokasi, bisa chat bot, banyak deh fungsinya. Semua atau sebagian besar itu bisa karena ada plugin.

Seperti yang udah kita bahas, setiap fitur dari website harus ditunggu biar loadingnya makin cepet. Berarti cara mengoptimasi plugin adalah dengan menggunakan secukupnya aja.

Jadi jangan install atau nyalain plugin yang ga membantu user experience. Kalo emang pluginnya dibutuhin banget, cara optimasinya itu dengan mengupdate versi plugins.

Terus gimana kalau gambar? Ya gambar itu emang penting banget. Lumayan bosen kan liat tulisan terus. Pasti kita bakal lebih seneng kalo liat informasi yang dibantu dengan visualisasi. 

Pertanyaannya tuh, gimana sih kita bisa bikin website, pake foto yang kita mau, tapi ga ngebebanin website itu sendiri. Ya caranya dengan optimasi gambar.

Sebisa mungkin kita harus pake gambar dengan resolusi yang bagus, biar gambarnya tidak pecah. Tapi kita juga harus tetep perhatiin ukurang gambar yang kita pake. Semakin kecil ukuran gambar, semakin cepet halaman akan dimuat.

Jadi kita harus cari keseimbangan di antara keduanya, itu dia yang dinamakan “Optimal”.

Gunakan Kompresi GZIP

Sebenernya penggunaan gZIP sendiri udah termasuk best practice. Jadi kemungkinan besar tanpa di setting, website yang kamu buat udah menggunakan gZIP. Tapi ga ada salahnya kok di check lagi. Website kamu tuh pake gZIP apa ngga ya? 

gZIP sendiri adalah format file dan juga software yang bisa mengecilkan (compress) ukuran berbagai macam file agar proses transfer dari server ke halaman yang kita lihat lebih cepet.

Caranya bisa cek tutorial atau bisa tanya ke developer kamu.

Pindah ke Host yang Lebih Cepat

Setiap website pasti di hosting di suatu tempat. Web hosting itu bayar jadi pasti kamu tau yang mana. Biasanya sih bayarnya bisa per bulan atau per tahun. Tergantung jasa yang kamu pilih.

Hosting itu tempat semua file dan data website kamu disimpen. 

Hosting sendiri biasanya nyediain storage size, kamu bisa atur mau yang lebih besar atau lebih kecil tergantung keperluan website kamu. Pastinya harganya juga bakal berubah.

Kalo emang kamu udah usaha untuk mengoptimalkan berbagai faktor sebelumnya tapi webstie kamu masih lambat. Mungkin masalahnya ada di hosting. 

Kamu bisa dengan mudah cari web hosting lainnya yang direkomendasikan sama orang atau pemilik website lainnya. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan website speed secara nyata karena biasanya akan ada detail itu saat pembelian hosting. 

Bersihkan HTML & Kode CSS 

Membahas tentang HTML & Kode CSS sebenernya sangat teknikal. Tapi secara garis besar kita bisa bahas bareng-bareng kok. 

Kalo kita mau halaman yang optimal kita kodingan yang menyusunnya harus dibuat serapi dan sebersih mungkin. Usahakan kodingannya tidak banyak salah dan tidak ada kodingan-kodingan yang ga ada fungsinya tapi ada di HTML atau CSSnya. Selain itu, kita juga perlu memastikan kalau kode-kodenya jelas pembagiannya dan tidak saling bertaut seperti benang kusut.

Kalian atau developer website kalian harus tau mana aja yang harus ditulis sebagai HTML dan yang mana yang CSS. Dengan begitu kalian tau yang mana yang custom dan yang mana yang bisa dibuat template jadi bisa digunakan ulang dengan jauh lebih mudah. 

Buang Iklan

Nah ini dia, salah satu spam dan kerugian website. Mungkin kita sebagai pemilik website mau memasang iklan karena keuntungan yang kita dapet. Atau mungkin kita terpaksa pasang iklan karena kita pake fitur yang gratis.

Sebaiknya sih pemasangan iklan di website kita dihindari. Kalo emang harus banget pasang iklan ya mau gimana. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah membatasi ukuran iklan, jadi ga terlalu berat ke website speed.

Karena iklan yang berat akan memperlambat halaman kita, padahal kita udah cape-cape ngikutin semua tahapan biar konten halaman optimal dan speed website cepet. 

Ya pokoknya,  sayang banget deh kalo website speed jadi lambat karena iklan yang ga diliat orang, ga menguntungkan, tapi malah merugikan. 

Kurangi Redirect

Terakhir, yang kita mau adalah ngurangin redirect. Sebelum kita tanya caranya, kita harus tau dulu. Redirect itu apa sih?

Redirect adalah perintah atau instruksi buat web biar kamu dibawa dari satu halaman ke halaman lainnya (atau dari satu file ke file selanjutnya). 

Misal, kita mau buka peta, peta yang ada di website jelas tapi terlalu kecil. Pilihan terbaik adalah petanya jadi lebih besar tapi kita tetep ada di halaman yang sama. Karena fitur redirect kita malah dibawa ke halaman lain buat membuka petanya. Jadi waktu kita kemakan deh.

Redirect bisa dateng dari web lain, plugins, virus, dll, jadi asal dan penyebabnya itu banyak. Kita bisa menghindari ini dengan memiliki website yang simple. Dan lebih berhati-hati aja sih.

Kita juga bisa cek kesehatan website kita secara rutin biar kita tahu kalo sekiranya ada redirect yang tidak diinginkan. 

Tools Terpercaya Untuk Menguji Website Speed

page-speed-tools-terpercaya-untuk-menguji-website-speed

Udah punya website yang cepet? Yakin? Gimana sih cara kita mastiin kalo website kita emang udah cepet banget.

Masa kita harus pake stopwatch? Caranya ga seribet itu kok. Banyak banget tools atau software yang bisa kita pake buat cek kecepetan website. 

Yang paling mudah itu pake Google Analytics. Kita bisa cek dari tab paling kiri yang ada namanya “behaviour” 

Selain fitur Google, ada juga berbagai website yang bisa kamu coba buat check kecepatan website kamu: 

  • Page Speed Insights
  • GTMetrix
  • Pingdom Website Speed Test
  • Mobile Website Speed Testing Tool

Biasanya sih mudah banget pakenya. Tinggal dibuka websitenya dan masukin URL halaman yang mau kamu uji kecepatannya. 

Tools yang berbeda juga menawarkan fitur yang berbeda beda, silahkan coba. 

Lampu Merah Aja Kena Klakson, Apalagi Website Lemot

Inget, manfaat dari website speed yang cepet itu banyak banget. Yang penting, adalah user experience dan juga ranking google.

Dari situ kita bisa dapet traffic, leads, konversi (conversion), dan juga melakukan penjualan. Intinya semuanya sih fans website yang cepet. Siapa sih yang suka nunggu?

Masih banyak loh hal lain yang bisa dilakukan untuk optimasi on-page, salah satunya adalah Title Tag & Meta Tag

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy