Ready to Click ‘Go’ On Your New Digital Growth?

Pasti kita sudah familiar dengan istilah copywriting, apa ada yang belum tau? Oke, buat yang belum tau copywriting adalah salah satu teknik seni penulisan yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari pembacanya. 

Copywriting lebih dikenal sebagai profesi menulis sebuah iklan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa Orang yang bekerja di bidang copywriting disebut sebagai copywriter, sederhananya seperti itu. 

Copywriting ini sangat penting bagi dunia bisnis, apalagi dunia bisnis online. Mengapa? Jawabannya adalah karena dunia bisnis  online sudah sangat berkembang.

Ironisnya saat ini masih banyak para pelaku bisnis online yang belum menerapkan copywriting dengan baik dan benar. Mereka masih asal memberikan content dan materi iklan yang kurang menarik konsumen. 

Pasti kita pernah melihat ada 2 produk yang sama persis tapi salah satunya lebih laris. Nah produk tersebut bukan pake penglaris, melainkan menggunakan copywriting.

Dengan menggunakan copywriting sebuah konten produk yang ditawarkan akan memberikan 4 kekuatan yaitu, attention, interest, desire dan action.

Apa Sih Copywriting Itu?

Berbicara tentang copywriting pasti berhubungan dengan tulisan. Pekerjaan copywriting secara garis besar bukan hanya sekedar menulis atau membuat tulisan dan iklan. 

Butuh ide yang sangat menarik dan juga kreatif untuk membuat sebuah konten dan juga iklan untuk apapun medianya. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas secara mendalam.

Sejarah Copywriting

Sebenarnya copywriting sudah ada dari jaman dulu, teknik copywriting telah digunakan sejak tahun 1870-an.

Seiring perkembangan zaman, di Indonesia dikenal yang namanya aksara, tidak hanya di Indonesia saja secara umum aksara-aksara yang ada di dunia dikelompokan menjadi 4.

Piktograf  (gambar), Ideografik (huruf-huruf seperti di negara Tiongkok), Silabik (suku kata, seperti huruf Jepang) dan Fonetik (lambang fonem).

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi akhirnya dikenal istilah copywriting. Secara bahasa copywriting terdiri dari 2 kata yaitu “copy” dan “writing”.

Copy dalam bahasa inggris memiliki arti bukan hanya menyalin, tapi juga hal-hal yg ditulis oleh jurnalis, novelis dan para penulis lainnya. 

Copy juga berarti kata-kata yang kita temukan dalam iklan. Secara umum Copy berarti tulisan-tulisan. Kata kedua writing yang berarti menulis.

Apa Itu Content Writing Dan Apa Bedanya Dengan Copywriting?

copywriting-adalah-apa-itu-content-writing-dan-apa-bedanya-dengan-copywriting-?

Nah ini dia, banyak orang yang menyamakan definisi antara content writing dan juga copywriting. Kedua istilah ini jelas berbeda, karena cara berfikir seorang content writer dan copywriter sangat berbeda.

Content Marketing

Berdasarkan pola pikir dari seorang content writer dengan copywriter sudah jelas berbeda. Pola pikir seorang content writer berupa uraian singkat yang akan diposting di sosial media dan berfokus pada meningkatnya engagement dari konten yang ditulis. 

Tujuan dari content writing adalah untuk menghibur dan memikat audiens online. Tujuan ini sangat berbeda dengan copywriting. Tujuan dari copywriting adalah menulis demi iklan, promosi atau pemasaran.

Peran Yang Dimiliki Oleh Copywriting Dalam Bisnis

Copywriting memiliki peran yang cukup besar dalam bisnis dan pengaruhnya akan sangat vital untuk merangkul konsumen generasi milenial. 

Para konsumen online memanfaatkan rangkaian kata untuk dituliskan pada kolom pencarian. Sangat jelas jika copywriting penting untuk bisnis. 

Copywriting memiliki peluang besar untuk menghasilkan sebuah konversi, singkat kata, copywriting akan memperbesar keuntungan sebuah bisnis. Ayo kita bahas secara mendalam peran dari copywriting dalam bisnis.

Memikat Orang Untuk Melihat Bahkan Melakukan Pembelian

Dengan menggunakan copywriting pada sebuah bisnis, sadar atau tidak sadar konten atau iklan yang dibuat dengan menggunakan copywriting akan memikat konsumen untuk melihat bahkan melakukan pembelian.

Membangun Traffic Pada Website

Traffic tentu menjadi bagian penting untuk sebuah website. Traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut.

Dengan menggunakan copywriting untuk konten website bisnis kita, makan akan menarik traffic lebih banyak lagi.

Menyampaikan Pesan Dari Perusahaan

Copywriting membuat sebuah pesan dari perusahaan atau sebuah bisnis tersampaikan secara utuh. Copywriting bukan berbicara soal tulisan saja, tapi ide, gambar dan konsep konten atau iklan juga sangat dipikirkan dengan matang.

Copywriter Beserta Dengan Tanggung Jawabnya

copywriting-adalah-copywriter-beserta-dengan-tanggung-jawabnya

Seseorang yang bekerja di bidang copywriting disebut sebagai copywriter. Ini dia penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab seorang copywriter.

Pekerjaan Copywriter

Tugas seorang copywriter secara garis besar adalah membuat iklan dengan konten yang menarik dan sesuai dengan ketentuan yang diinginkan oleh klien. 

Karena berhubungan dengan konten, pekerjaan ini membutuhkan kreativitas dan keahlian tinggi agar mampu menarik konsumen terhadap barang dan jasa yang diberikan.

Tanggung Jawab Copywriter

Tidak semua pekerjaan copywriter berhubungan dengan iklan. Ada juga copywriter yang menulis konten berita dengan tujuan sebagai pemberi informasi. 

Umumnya, peran dari seorang copywriting memang untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Mereka turut bertanggung jawab akan citra perusahaan. Berikut ini beberapa tanggung jawab dari seorang copywriter.

Menyajikan Konten Iklan Yang Kreatif Dan Menarik

Seorang copywriter membutuhkan ide kreatif yang tinggi mengingat tugas utamanya adalah membuat konten kreatif dan menarik untuk mempromosikan atau menginformasikan sesuatu.

Seorang copywriter memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan membangun citra perusahaan dan brand tertentu. Oleh karena itu, pekerjaan ini sangat menuntut untuk menyajikan konten kreatif dan menarik.

Menguasai Berbagai Platform Media Dan Persona

Ada berbagai hal yang harus dikuasai oleh copywriter, diantaranya platform dan juga persona dari sebuah konten.

Persona

Persona yang dimaksud disini adalah karakter dari sebuah konten, atau bisa juga disebut sebagai gaya bahasa dari sebuah konten.

Persona ini berhubungan dengan target market sebuah bisnis, nah seorang copywriter harus sudah paham betul tentang persona. 

Jadi mereka sudah dengan sendirinya membuat konten dengan gaya bahasa yang sesuai dengan target market sebuah produk atau jasa.

Media

Selain persona yang tadi sudah dijelaskan, media juga menjadi penting untuk seorang copywriter. Mereka harus tau media yang cocok untuk memasang iklan atau menaruh konten.

Media yang tidak sesuai tidak akan memikat konsumen untuk melihat apalagi membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Bagaimana Agar Sebuah Pekerjaan Copywriting Dapat Menjalankan Fungsinya?

Banyak yang bisa dipelajari tentang copywriting agar pekerjaannya semakin optimal, salah satunya dengan menggunakan formula AIDA.

Formula AIDA merupakan singkatan dari attention, interest, desire dan action. Struktur ini akan sangat membantu dalam membuat sebuah copywriting.

Dengan menggunakan formula AIDA, seorang copywriter bisa mengubah sebuah halaman kosong di layar komputer menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian.

Pengaplikasian Copywriting Dalam Strategi Digital Marketing

copywriting-adalah-pengaplikasian-copywriting-dalam-strategi-digital-marketing

Berdasarkan penjelasan diatas sampailah pada sebuah kesimpulan. Copywriting sangat amat bisa diaplikasikan dalam strategi digital marketing.

Digital marketing sangat erat kaitannya dengan tulisan, konten, promosi dan sejenisnya. Dengan menggunakan seorang copywriter yang handal, maka strategi digital marketing dari sebuah bisnis akan berjalan dengan baik.

Lihat juga artikel kita yang lainnya yang pastinya gak kalah menarik dari yang ini. Contohnya tentang Content Marketing nih yang kita sudah bahas sedikit tadi.