Meta Tag, Jenis-jenisnya, dan Fungsinya dalam Strategi SEO On-Page

seo-on-page-meta-tag

Apa sih meta tags itu? Meta Tags adalah salah satu elemen atau tag kode dalam bahasa pemrograman file HTML pada halaman website, yang berfungsi untuk mengetahui dan memberikan informasi meta data atau meta info dari sebuah halaman situs web.

Meta tags ditempatkan sebelum “<body>” dan ditempatkan pada bagian “<head>” di dalam file HTML, meta tag ini dipakai untuk memberikan deskripsi keterangan singkat atau kesimpulan dari suatu halaman situs web dan menjelaskan isi konten dengan kata kunci (keywords). 

Secara umum, terdapat beberapa macam meta tags di file HTML dengan fungsi yang berbeda- beda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta title description, keywords, viewport, robots dan lain-lain.

Buat kamu yang udah tau dan ngerti tentang bagaimana optimasi SEO (Search Engine Optimization) tentunya meta tag ini cukup penting dan mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu.

Nah tapi buat kamu yang belum memahami betul tentang bagaimana cara optimasi SEO, mulailah belajar dan coba kenalan dulu sama yang namanya meta tag ini. Kamu bisa coba melakukan analisa cek meta tag atau lebih dikenal dengan istilah meta tags analyzer checker dalam suatu website.

Analisa meta tag ini merupakan salah satu cara untuk mengecek dan juga membantu mengoptimalkan salah satu bagian dari optimasi SEO yaitu SEO on-page dengan cara menganalisa metadata atau meta info dari suatu halaman website, mulai dari judul, deskripsi, keywords, mengukur persentase SEO score keywords yang relevan dengan konten atau artikel pada website tersebut. 

Selain itu kamu juga bisa memeriksa berapa sih total heading tag dari H1 hingga H6 pada sebuah website, total keywords yang digunakan dalam sebuah konten pada halaman website.

Nggak cuman itu aja, kamu juga bisa mengetahui keywords density yang mengukur persentase berapa jumlah keywords, kemudian total links page termasuk total internal links, dan eksternal links pada sebuah halaman website, baik itu yang dofollow dan nofollow dari website tersebut.

Dalam upaya pengoptimalan website secara on-page kita tidak hanya perlu memperhatikan hal-hal yang tampak oleh pengguna saja. 

Kita juga harus memperhatikan bagaimana sebuah halaman dilihat oleh mesin pencari seperti Google, tempat dimana kita ingin mendapatkan ranking website yang bagus. Salah satu cara yang bisa kita tempuh adalah menggunakan meta tag.

Meta tag ini dapat membantu mesin pencari dalam proses membaca isi dari suatu halaman website. Bagaimana caranya? Lengkapnya akan kita bahas di sini.

Apa itu Meta Tag?

Sebelum membahas lebih jauh, lebih baik kita mulai dari memahami apa meta tag itu sendiri. Meta tag sebenarnya adalah kode atau elemen dalam pemrograman HTML/XHTML yang bertujuan sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman website. 

Meta tag ini biasanya diletakkan di bagian ‘head’ dalam HTML tersebut. Meta tag juga berfungsi untuk menyatakan deskripsi atau keterangan dari sebuah halaman website, baik itu menjelaskan sebuah keyword terkait ataupun metadata lainnya. 

Jenis-jenis Meta Tag

Penggunaan tag atau label dapat disebut sebagai salah satu teknik yang penting dalam SEO on-page. Oleh karena itu, bagaimana meta tag digunakan harus diperhatikan agar strategi SEO dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa jenis meta tag yang harus kamu tahu.

Meta Title

Tag judul digunakan di bagian <head> yang berfungsi memberi judul pada halaman web. Tag judul ini dapat diklik di halaman pencarian SERP (Search Engine Result Page) oleh penggunanya untuk dapat masuk ke situs halaman yang dituju.

Google maupun search engine lainnya memiliki penekanan pada masalah penggunaan meta title atau judul. Judul itu paling tidak harus mewakili satu atau dua keyword yang sudah kamu targetkan sebelumnya. 

Semakin dekat sebuah meta title atau judul dengan sebuah keyword maka search engine akan cepat membaca dan menentukan website kamu pada posisi atau ranking yang tinggi.

Kamu bisa coba juga kalo misal masing-masing halaman website yang kamu buat hanya terdiri dari satu atau dua keyword saja. 

Kalo kamu mau iseng-iseng coba dengan memasukkan banyak keyword, nantinya search engine akan kesulitan mendeteksi halaman website kamu dan malah memperlemah posisi halaman tersebut. 

Meta Description

Meta description tag ini adalah suatu cara kamu memberitahu search engine atau kita sebut saja Google lah ya dalam menampilkan secara singkat serta esensi dari halaman website situs kamu.

Kalo kamu lihat daftar sebuah halaman website yang ditampilkan dari hasil pencarian Google, meta description akan terlihat jelas, berada pada baris kedua atau setelah meta title atau judul halaman website.

Meta description ini sangat penting loh, karena bisa juga digunakan sebagai magnet atau daya pikat terhadap user atau calon pengunjung website kita  melalui deskripsi  yang dibacanya.

Meta Keyword

Meta Keyword berisi informasi kata kunci atau keyword sebuah website. Contohnya, 

“Jasa Tour dan Travel, Rental Mobil, Jasa Transportasi,” 

biasanya meta tag keyword ini diisi dan dipisah oleh tanda koma, contohnya: 

<Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>.

Bagian ini penting buat kamu dan juga Google sebagai contoh search engine yang kita gunakan. Fungsi meta keyword ini terbilang unik loh, meskipun meta keywords ini dianggap tidak begitu penting bagi kebanyakan orang. 

Tapi kamu harus tau ini, pasalnya, Google tidak lagi membutuhkan keywords untuk melakukan crawling website. 

Namun untuk artikel SEO, meta keywords harus diisi terutama bagi website baru. Fungsi meta keywords ini untuk membantu Google mengidentifikasi website baru yang kamu sedang coba optimasi.

Meta Robot

Meta robot tag adalah sebuah alat bantu yang memiliki fungsi sebagai support berupa bot, dan berfungsi menyelesaikan masalah pengindeksan (indexing) pada mesin pencari kita sebut saja Google. 

Meta robot tag bot bisa juga dimanfaatkan untuk mengatur halaman tertentu, sehingga bisa tidak muncul di Google. Meta robot tag memiliki 4 fungsi utama yaitu:

  • Indexi, menampilkan halaman di mesin pencari
  • Follow, sesuai namanya berarti mengikuti link yang ada di halaman sebuah web
  • Noindex, tidak menampilkan halaman di mesin pencari
  • Nofollow, tidak mengikuti link yang ada di halaman

Cara Kerja Meta Tag untuk SEO

seo-on-page-cara -kerja-meta-tag

Gambar diatas adalah meta tag yang muncul pada SERP. Meta tag merupakan salah satu contoh dari strategi dalam melakukan optimasi SEO. Meta tag merupakan bagian yang sangat penting dari SEO dan juga mesin pencari untuk menentukan apakah halaman website tersebut relevan bagi pengguna.

Meta tag dalam SEO juga merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian dari pengguna dengan membantu mereka untuk mengerti apa saja informasi yang akan ditampilkan dalam halaman website yang berkaitan.

Fungsi utama dari meta tag itu ada dua, yaitu:

  • Faktor Peringkat

Sebagai salah satu faktor peringkat atau pe-rankingan website kamu, meta tag dapat menentukan apakah halaman kamu dapat terlihat melalui keyword yang dicari oleh orang atau tidak. 

  • Faktor Konversi

Faktor ini merupakan rata-rata CTR (click-through-rate) dari halaman yang kamu punya. Matriks ini dapat kamu peroleh kalo kamu menambahkan jumlah dari semua sumber, misal seperti pencarian organik (organic search), media sosial, tab browser, messenger, dan sebagainya. 

Menggunakan Meta Tag Pada Website

Menggunakan meta tag pada website sebenernya banyak sekali cara yang bisa digunakan, mulai dari manual hingga menggunakan tools. 

Tapi yang harus kamu garis bawahi untuk membuat dan menggunakan meta tag adalah hal berikut ini. Cara membuat meta tag yang baik.

  • Ketersediaan

Baris meta title haruslah terisi. Jika tidak, halaman yang kamu buat pastinya nggak akan terbaca oleh Google atau mesin pencari lainnya.

  • Panjang Baris

Panjang dari sebuah meta title tag yang optimal adalah berkisar antara 60 sampai 120 simbol/karakter. 

  • Relevansi

Title Tag yang anda buat haruslah relevan dengan koten yang akan dimuat pada halam website kamu.

  • Penggunaan Keyword

Untuk mengikuti aturan, akan lebih baik jika keyword kamu letakkan di awal kalimat.

Gimana? Sekarang kamu dikit-dikit udah mulai ngerti kan tentang meta tag dan hubungannya dengan optimasi SEO pada sebuah website. 

Apa malah kamu masih bingung untuk menerapkan strategi digital menggunakan meta tag? Tenang aja pelan-pelan aja belajarnya nanti lama-lama juga bisa kok hehe.

Tadi kita sudah menyebutkan bahwa meta tags ini adalah bagian dari komponen SEO on page. Ada satu lagi komponen yang SEO on page yang cukup teknikal seperti meta tag ini, yaitu URL string. Mau tahu bagaimana fungsinya? Mari ke sini!

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy