Berkenalan Dengan Google Ads & Ketahui Manfaatnya

logo google ads di ponsel

Mungkin di antara kita masih ada yang belum begitu mengetahui tentang Google Ads dan manfaatnya. Kita semua bisa melihat iklan saat mencari sesuatu di Google, tapi mungkin kita tidak tahu kenapa iklan itu ada di sana.

Kalau kamu seorang marketer atau ingin memasarkan produk atau jasa kamu melalui internet, kamu wajib tahu tentang Google Ads.

Kenapa wajib? Karena Google Ads adalah salah satu tool dan juga cara yang paling efektif untuk memunculkan awareness terhadap apa yang kita pasarkan dan juga menarik orang untuk berkunjung ke website kita, bahkan sampai melakukan konversi.

Itu baru sebagian kecil tentang Google Ads, masih banyak lagi hal yang bisa kita ulik tentang Google Ads dan juga manfaatnya. Penasaran? Yuk kita bahas selengkapnya di sini!

Definisi Google Ads

Google Ads atau dikenal juga dengan Google Adwords adalah sarana iklan berbayar yang ditawarkan oleh Google kepada para penggunanya.

Tapi di artikel ini, kita akan lebih berfokus pada iklan yang akan tampil pada hasil pencarian (SERPS). Supaya lebih jelas, mungkin kita bisa lihat contoh di bawah ini.

contoh tampilan google ads

Jadi dari gambar di atas kita bisa lihat ada yang  berbeda pada beberapa hasil pencariannya. Ada yang punya kotak kecil bertuliskan “Ad” di samping kirinya dan ada yang tidak.

Hasil yang punya kotak kecil tadi adalah hasil pencarian berbayar yang menggunakan bantuan dari Google Ads, dan yang tidak ada “Ad”nya adalah hasil organik.

Secara umum, Google Ads ini termasuk ke dalam salah satu teknik Search Engine Marketing, yaitu Pay Per Click (PPC). Kenapa namanya PPC? Karena jika kita menggunakan tool ini, kita harus membayar sejumlah uang untuk setiap klik yang kita dapatkan dari iklan yang kita pajang.

Tenang, kalau kamu sekarang keringat dingin abis denger ini, kamu perlu tahu kalau kamu bisa atur budgetmu.

Ngapain Sih Google Nawarin Iklan?

Kenapa Google menyediakan tempat untuk beriklan seperti Google Ads ini? Ceritanya begini, Google sendiri meluncurkan platform ini pada tahun 2000 dengan nama Google Adwords.

Pada saat itu aksesnya masih terbatas dan pembayarannya dilakukan dalam bentuk langganan bulanan. Selain itu, campaign pemasaran dan periklanannya akan dimanage oleh Google sendiri.

Berbeda dengan Google Ads sekarang, kita bisa dengan bebas mengatur campaign setiap iklan yang kita miliki. Bahkan, pembayarannya pun sekarang sudah beralih menjadi pay per click.

Ini semua terjadi karena Google ingin mengakomodasi bisnis-bisnis yang skalanya lebih kecil yang ingin mengelola campaign mereka sendiri.

Google Ads muncul karena Google ingin memberikan ruang bagi para pemilik bisnis untuk dapat memasarkan produk mereka dengan cepat, seperti bagaimana iklan pada umumnya.

 

Bikin Untung Apa Bikin Buntung?

berpikir baik atau buruknya

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin beberapa dari kita sudah berminat menggunakan Google Ads. Hanya saja, masih belum terlalu yakin apakah beriklan menggunakan tool ini akan menghasilkan untung atau malah buntung.

Untuk itu, kita akan bahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari platform iklan online yang satu ini.

 

Biar enak, kita akan mulai dengan kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan pertama dan yang paling penting adalah hasilnya yang instan. Halaman yang kita iklankan sudah pasti akan mendapatkan exposure yang tinggi dalam hasil pencarian. Setelah itu, pastinya traffic juga akan mengalir langsung.

Selain itu, campaign untuk iklannya juga gampang dibuat dan cepat selesai, sehingga langsung bisa diterbitkan. Kita juga bebas menentukan budget yang akan dipakai selama menggunakan platform ini.

Google Ads juga menyediakan fitur Keyword Planner sepaket di dalamnya. Jadi, kita bisa mengetahui keyword dan target market kita lebih mantap sebelum membuat iklan itu sendiri.

 

Nah, itu tadi kelebihannya, sekarang kita akan bahas kekurangannya yang dapat dijadikan pertimbangan bagi kita.

Yang pertama tentunya, kita harus membayar per klik yang kita dapatkan. Mungkin ini terdengar biasa tapi akan terasa sayang jika traffic dari klik tersebut tidak berubah menjadi konversi. Belum lagi ada banyak perusahaan dan bisnis dengan budget yang lebih besar yang juga menggunakan Ads, sehingga persaingannya menjadi berat.

Hal lain yang menjadi konsiderasi tentunya adalah jumlah karakter yang terbatas dalam satu iklan (ad copy), berarti informasi yang bisa disampaikan juga terbatas. Kesalahan pada keyword yang digunakan juga mungkin terjadi, sehingga iklannya sampai ke target yang salah.

Kurang lebih begitulah kelebihan dan kekurangan dari Google Ads. Jadi, bagaimana pendapatmu tentang platform iklan ini?

 

Manfaat Google Ads

Setelah membahas hal-hal yang menjadi pertimbangan kalau menggunakan Google Ads, mungkin akan lebih baik kita langsung saja membahas tentang apa yang dihasilkan dari beriklan di platform yang satu ini.

Siapa tahu setelah mengetahui manfaat-manfaat yang bisa didapat dari Google Ads ini, kamu dapat mengerti Google Ads.

Yuk kita lihat apa saja manfaatnya.

 

Yang Pasti Cepat

Tadi pas bahas tentang kelebihan dan kekurangan, kita juga telah membahas tentang hasil yang instan sebagai salah satu kelebihan Google Ads.

Jika kamu seorang marketer, tentu kamu ingin produk yang kamu pasarkan segara dapat dilihat oleh orang. Nah, dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa langsung muncul di posisi teratas Google tanpa harus melakukan optimasi ini itu terlebih dahulu.

Cukup temukan keyword yang sesuai, susun campaignnya, dan atur budgetnya. Kalau semua pengaturannya sudah selesai, kamu bisa jalankan iklanmu dan bisa dilihat kalau dia sudah berada di posisi teratas saat mencari dengan menggunakan keyword yang telah dipilih sebelumnya.

Karena sudah di atas, tentu orang jadi lebih tertarik kan untuk mengkliknya. Jadi deh, sekalian dapat traffic juga, bahkan traffic tersebut juga bisa menjadi conversion. Semua ini bisa terjadi dalam waktu yang cepat lho.

 

Bisa Disesuaikan

Kita tadi sudah bahas kalau kita bisa mengatur budget yang akan dipakai untuk beriklan di Google Ads. Tapi, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita atur dan sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Dalam membuat campaign, kita bisa mengatur beberapa hal agar campaign kita efektif dan juga efisien. Google Ads memberikan akses penuh kepada pengguna Google Ads untuk melakukan ini.

Apa saja yang bisa kita atur? Nah, ini dia. Mungkin kita mulai dari yang paling dasar dulu, yaitu keyword. Kita bisa memilih keyword apa saja yang akan kita gunakan untuk menampilkan iklan kita, jadi iklan kita hanya akan tampil jika orang mencari dengan keyword tersebut.

Selain itu kita juga bisa atur dari sisi audiencenya. Kita bisa pilih siapa saja yang bisa melihat iklan kita, di lokasi mana mereka berada, berapa usia mereka, apa jenis kelamin mereka, dan bahkan berapa pendapatan mereka.

Banyak kan? Tapi itu belum semuanya. Kita juga bisa membatasi atau membebaskan kapan iklan kita akan tampil. Setiap hari dalam seminggu atau hanya pada beberapa waktu saja. Semuanya bebas, tergantung kebutuhan.

Kita juga bisa atur berapa banyak biaya yang akan kita keluarkan perkliknya (bid). Katanya sih semakin tinggi bidnya, semakin tinggi juga posisinya. Nah kalau misalnya persaingannya ketat nih, kita bisa pasang bid yang tinggi agar muncul di posisi pertama.

Itu tadi sebagian besar hal-hal yang bisa diatur dengan Google Ads. Masih ada beberapa hal lagi yang belum bisa dimasukkan di sini. So, stay tuned aja ya!

 

Unlimited

tulisan limitles menggambarkan kemungkinan tak terbatas dari google ads

Unlimited di sini maksudnya adalah unlimited possibility yang berarti kemungkinannya tidak terbatas. Kita bisa beriklan seperti yang kita inginkan dengan menggunakan Google Ads.

Kita mau iklan dengan bentuk video? Bisa! Dalam bentuk teks? Bisa! Hanya muncul di waktu tertentu untuk orang tertentu? Bisa banget! Tampil tidak cuma di SERP, tapi juga di tempat lain? Bisa dong! Jadi, memang banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Google Ads.

Kita juga bisa menggunakan Google Ads untuk mengarahkan traffic ke berbagai macam landing page yang kita punya. Tergantung pengaturannya, dan pastikan landing pagenya cocok dengan iklannya.

Sebenarnya kita juga bisa mengiklankan artikel pada website kita lho. Cuma ya… sayang kan kalau traffic yang masuk tidak diarahkan agar menjadi konversi? Toh kita tetap bayar setiap kliknya.

Jadi, pada intinya, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk memasarkan sesuatu secara online dengan menggunakan tool Google Ads ini.

 

Kesalahan Utama Pengguna Google Ads

Setelah melihat berbagai manfaat Google Ads tadi, tentu banyak yang tertarik untuk memulai dan membuat akun Google Ads. Tapi sebelum itu, kita akan bahas tentang kesalahan utama dalam menggunakan Google Ads agar kita bisa menghindarinya.

Dalam membuat campaign pada Google Ads kita memang ditawarkan berbagai macam kebebasan untuk mengatur agar sesuai dengan target yang kita miliki. Tapi, sebagai pemula, berbagai pengaturan ini tentu mewalahkan.

Minimnya pengetahuan saat memulai tentu menjadi salah satu penyebab terjadinya berbagai kesalahan saat menyusun campaign.

Yang paling umum terjadi adalah menargetkan keyword yang salah dan mengabaikan pengaturan untuk negative keyword. Negative keyword ini berfungsi untuk menghindari iklan kita muncul pada saat pencarian menggunakan beberapa keyword tertentu.

Lalu ada lagi kejadian saat membuat iklan, tapi tidak dihubungkan dengan landing page yang benar. Akibatnya traffic ada tapi konversi tidak ada. Atau saat membuat iklan kamu tidak memperhatikan regulasi dari Google tentang iklannya. Jadi, iklan tersebut selesai, tapi tidak di-approve dan tidak bisa ditampilkan. Rugi kan?

Namun, yang paling fatal adalah under maintenance pada campaign di Google Ads. kita perlu memperhatikan perkembangan dari iklan yang kita pasang di Google secara berkala. Jadi, kita bisa menyesuaikan hal-hal yang terjadi di pasaran dengan campaign kita.

 

Pengen Google Ads Tapi Belum Paham

Nah, kita sudah hampir sampai di penghujung artikel ini. Tentunya banyak yang sudah tidak sabar untuk memulainya. Sudah sejauh ini tapi masih banyak hal yang belum dipahami dengan baik. Belum lagi kesalahan yang kita bahas sebelumnya.

Ada banyak solusi yang bisa kita gunakan untuk itu.

Kita bisa memulai dengan mencari informasi terkait dengan tata cara penggunaan Google Ads di internet. Seputar tips & trik dan juga informasi-informasi penting lainnya.

Atau bisa juga mengikuti berbagai macam tutorial step-by-step yang tersedia di artikel-artikel dan juga video-video. YouTube bisa menjadi tempat belajar yang baik untuk mencari seputar tutorial ini karena kita bisa melihat secara langsung visualisasinya.

Kalau niat, kita juga bisa mengikuti berbagai macam crash course atau webinar yang membahas tentang Google Ads.

Atau, kalau ga mau ribet dan masih pusing setelah baca sana-sini dan nonton ini itu, sangat disarankan untuk menggunakan jasa profesional yang memang fokus di bidang digital marketing. Mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih besar, tapi itung-itung investasi dan menghindari kerugian yang mungkin terjadi karena nyebur sendiri.

 

Jadi Gimana, Berminat?

Setelah membahas berbagai macam aspek tentang Google Ads, bagaimana pendapat kamu tentang platform iklan ini?

Google Ads memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Salah satunya dan yang paling utama adalah hasilnya yang instan. Tidak hanya exposure yang tinggi, tapi juga traffic dan konversi yang akan datang.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Google Ads, tapi kadang malah merugikan, terutama untuk pemula. Oleh karena itu, perlu dipahami bagaimana cara kerja Google Ads.

Kamu bisa melakukan banyak hal untuk dapat memahaminya. Tapi, kalau kamu sudah tidak sabar untuk mendapatkan manfaat dari Google Ads, kamu bisa menggunakan jasa profesional yang juga akan mendatangkan berbagai macam manfaat.

Jadi, gimana? Berminat untuk menggunakan Google Ads?

Kamu bisa coba sendiri atau coba bareng-bareng!

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy