Cara Menambahkan Hak Akses Baru ke Google Analytics

Menambahkan admin google analytics

Google Analytics adalah sebuah tools yang pasti sudah dikenal baik oleh para webmaster. Kemampuannya dalam menyajikan statistik website sangat membantu untuk analisa sebelum pengambilan keputusan. Anda bisa mendapatkan beberapa data yang bisa diolah menjadi sebuah insight untuk bisnis Anda dengan menggunakan Google Analytics. Contohnya yaitu data demografi, data pengunjung, data produk yang paling banyak mengunjungi page, dan data-data lainnya. Terkadang diperlukan banyak orang untuk menganalisa data yang ada. Itulah sebabnya kenapa perlu menambahkan user baru pada Google Analytics dan memberikannya hak akses.

Jenis-Jenis Izin Google Analytics

Anda dapat memberikan berbagai jenis hak akses untuk mengelola akun Google Analytics, berikut penjelasan izin yang bisa dipahami.

1. Manage Users

Manage users bisa mengelola pengguna akun mulai dari menambahkan, menghapus, menetapkan izin pengguna. Pada manage users tidak termasuk edit dan collaborate. Manage users bisa memberikan izin secara penuh kepada setiap anggota untuk akun, dan properti.

2. Edit

Pada bagian edit ini bisa melakukan fungsi terkait laporan dan administratif seperti, menambahkan, mengedit, mengelola, menghapus properti, akun, tampilan, dan fungsi edit lainnya.

3. Collaborate

Pada bagian collaborate ini bisa melakukan membuat, menghapus, dan membagikan aset-aset pribadi Google Analytics. Aset yang bisa berkolaborasi termasuk read & analyze yaitu aset bersama model atribusi, pengelompokan saluran, segmen konversi, laporan kustom, dasbor, segmen, dan laporan tanpa simpel.

4. Read & Analyze

Pada pilihan read & analyze Anda dapat melihat data laporan dan konfigurasi serta dapat memanipulasi data dalam laporan. 

Agar Anda tidak memberikan izin kepada orang yang tidak tepat keempat hak akses tersebut bisa dipahami. Setelah itu, untuk memasang tracking code google analytics ada beberapa yang bisa dilakukan. Untuk pengguna wordpress Anda bisa memasang menggunakan plugin atau menyisipkan tracking code di bagian header. Tetapi jika website Anda menggunakan selain wordpress, Anda bisa meminta developer memasang code di bagian header sebelum body.

Cara Menambahkan user baru Google Analytics

Untuk menambahkan user dan hak akses pengguna baru di Google Analytics Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pastikan kamu memiliki akun gmail atau G-suite untuk login ke Google Analytics

2. Setelah itu silahkan login menggunakan akun tersebut

3. Setelah login, pilih dan klik menu admin

admin google analytics

4. Pilih user management account, property, atau profile untuk memberikan hak akses 

menambahkan pengguna baru google analytics

5. Klik button “+” di sudut kanan atas pilih Add Users

pengguna baru GA

6. Isi email user yang mau diundang, di bagian permission ceklis hak akses yang mau diberikan ke user baru tersebut.

Manage users google analytics

7. Klik add untuk menambahkan.

Baca Juga: Cara menambahkan user baru di WordPress

Hal Yang Harus Dipahami di Google Analytics

Sebelum menggunakan tools ini ada beberapa fungsi yang harus diketahui sebelum menggunakan tools ini. Berikut beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk mengembangkan website dan memantau jualan dengan menggunakan Google Analytics. Ada beberapa fungsi menu yang harus dipahami agar tidak kebingungan dalam menggunakan Google Analytics yaitu:

1. Customization

Menu ini berfungsi sebagai custom tracking campaign diluar dari Tracking Code analytic. Contoh nya Anda bisa membuat tracking campaign sendiri.

Menu customization GA

2. Realtime

Menu ini berfungsi untuk melihat trafik yang masuk secara realtime mulai dari lokasi, asal trafik, dan data lainnya yang membantu pengambilan keputusan untuk website Anda.

Menu Realtime Google Analytics

3. Audience

Menu ini merupakan menu yang membantu menganalisa behavior audience dalam website Anda. Mulai dari demografi, interest atau ketertarikan serta data spesifik user dalam mengembangkan bisnis Anda. Semua data yang berkaitan dengan users ada disini.

audience google analytics4. Acquisition

Acquisition merupakan menu untuk mengetahui bagaimana seorang users masuk ke sebuah website. Acquisition juga menentukan platform mana user berasal yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi.

acquisition google analytics

5. Behavior

Behavior merupakan menu yang bisa Anda analisis untuk mengetahui aktifitas apa yang dilakukan users dalam website.

behavior google analytics

6. Conversion 

Menu ini merupakan menu yang bisa Anda atur apa yang Anda inginkan. Disini juga Anda bisa membuat funneling atau corong marketing sehingga terjadi penjualan/sales.

conversion report google analytics

Kesimpulan

Fungsi Google Analytics sendiri bukan sekedar tampilan data, tetapi lebih dari itu. Dengan menggunakan Google dengan baik Anda bisa mengelola data dan mengintegrated menggunakan Google data studio atau big query untuk diolah sehingga menghasilkan sebuah insight bisnis untuk pengambilan sebuah keputusan. 

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.

Kontak Kami
Call 1400 098 765
[email protected]
Daftar Sekarang Juga
Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.
Open Popup