Ready to Click ‘Go’ On Your New Digital Growth?

Kalo ada orang yang mau bikin website pasti bingung deh. Harganya berapa? Bagus ga jadinya? Pilihan desainnya mana? Lama ga bikinnya? Ya gitu deh. 

Nah di pembahasan kali ini kita akan melihat apa aja sih yang sebenernya terjadi  selama proses pembuatan website. Jadi kalo kamu nanti mau bikin website, kamu udah tahu, worth it ga sih uang yang kamu keluarkan sama website yang nantinya udah jadi?

Sebenernya pembuatan website itu gabisa cuman seminggu aja, website itu bukan mobil, yang sekali beli trus kita tinggal pake deh. Website lebih mirip sama toko online

Ya kalo punya toko kan harus dirawat, mungkin sebulan sekali, atau setiap tiga bulan ada produk baru yang masuk. Atau mungkin penjualan melebihi target jadi bisa renovasi.

Ya gitu deh, intinya sih harus dipupuk terus, mangkanya itu juga yang mau kita bahas, tentang waktu dan secepat apa website bisa berkembang. 

Kita akan melihat uang yang dikeluarkan itu digunakan untuk apa aja sih selama pembuatan website. Yuk langsung aja kita mulai diskusinya.  

Fungsi Utama Website

Balik lagi ke awal. Yaitu. Apasih fungsi dari website? Emang butuh ya? Emang kita bakal langsung sold out kalo pake website?

Jawabannya adalah tergantung. Pertama, tergantung sama jenis barang atau jasa yang ditawarin. Next tergantung sama pembuat website. Apakah mereka cuman bikin website doang tapi nanti ga ada yang liat. Atau mereka juga bisa memastikan website pasti diliat?

Website sendiri sebenarnya berfungsi sebagai toko tambahan atau tempat kamu bisa berjualan. Jadi kaya toko online gitu deh. Kenapa sih kita harus punya toko online?

Coba liat deh, orang orang dimanapun pasti megang handphone, yang mungkin ga semua orang di Indonesia udah pake laptop atau komputer, tapi pasti mereka pake handphone. Dan orang orang juga sudah punya akses ke handphone canggih.

Ditambah kemana mana macet. Kamu yang jualan dari surabaya, bisa loh ngirim ke jakarta, bali, bahkan kalimantan sekalipun. 

Jasa Pembuatan Website Surabaya yang kami jual juga sebenernya bisa dipake sama orang orang yang di bogor, atau di bandung. Ya intinya kita menghapus km dengan teknologi internet, caranya? Yaitu dengan website tadi.

Rencana Pembuatan Website

Sebenernya ga di Surabaya aja. Tapi sebagian dari uang yang dikeluarkan akan disalurkan ke penyedia jasa untuk keahlian mereka. 

Sisanya akan digunakan untuk membiayai waktu dan tenaga yang habis selamat pembuatan website. 

Iya sih, memang kita penyedia jasa pembuatan website untuk Surabaya. Tapi pasti pembuat website dimana mana juga kurang lebih sama kok, kaya gini. 

Kita bakal bantu perencanaan pembuatan website. Emang ribet ya bikin website, kayanya gampang deh? Eits, memang gampang, KALO kita udah tau mau bikin apa. Kalo gatau, ya pusing juga.

Pertama kita bakal berdiskusi sama klien. Mereka tuh sebenernya mau jualan apa sih?

Terus kita bukan hanya sekedar nanya aja. Misal: 

Kita: “Jualan apa pak?”

Klien: “Jualan beras nih”.

Kita: “Oh oke deh pak”.

Gabisa gini skenarionya. Kita butuh data yang detil, kalo emang klien jualan beras, kita harus tau. Jenis beras yang dijual ada berapa? Ada fotonya ga? Harga berasnya berapa? Dijualnya per kg atau per ton?

Ya pokoknya makin detil makin baik deh.

Karena kan kita mau bikinin website, masa ada katalog baju tapi gambarnya cuman tulisan “Baju” semua, nanti orang pada bingung. 

Next, kita bakal tanya, gimana kalo nanti ada yang beli?

Maksudnya apa sih? Ya gini. Nanti kalo ada yang mau beli kan pasti mereka butuh tau harganya dong. Boleh ga kita tampilin harganya?

Kalo emang kurang cocok pake harga, mungkin lebih baik pake konsultasi? Konsultasinya kemana? Ke whatsapp? Ke email? Nah ini penting banget. 

Trus, kamu mau jual kemana aja?

Kalo nanti kita udah buat website yang emang terkenal di seluruh Indonesia, taunya kamu gabisa ngirimnya, kan sayang banget.

Kalo kita udah tau lokasi yang kita mau jual. Misal, kaya aku nih, aku mau jualan jasa pembuatan website ke surabaya. 

Yaudah jadi aku fokus kesini. 

Nanti kalo udah lengkap semua, keluar deh formula dari website expert kita. Isinya rekomendasi jumlah halaman, durasi ekspektasi pengerjaan, dan target hasil dari website. 

Dan juga strategi SEO untuk terus mengembangkan website. 

Kerja Sama Antara Kami Dan Klien

Nah kalo urusan kerjasama sih sebenernya ga membutuhkan biaya ya. Tapi kerjasama yang baik bisa membuat hasil akhir jauh lebih memuaskan. 

Kamu sebagai klien, juga megang peran penting loh dalam tahapan membuat website. Lah, penting? Kan klien mah yang nunggu hasil akhirnya.

Ya justru itu, karena kamu yang akan terima hasilnya, kita butuh informasi dari kamu, sebenernya apa sih yang mau kamu terima di akhir nanti? 

Yang pastinya kita hanya butuh tau cerita dari kamu tentang apa sih yang sebenernya mau kamu jual. Kalau sudah ceritanya kita butuh aset-asetnya.

Eh, tunggu dulu, bukan aset kekayaan kamu, maksudnya asset tuh seperti data data, foto foto, dsb. Oh Iya, termasuk alamat, pricelist, dan juga deskripsi produk. 

Desain Template

jasa-pembuatan-website-surabaya-desain-template

Kalau kamu memang mau menghemat biaya, yang pasti kamu harus cari template yang udah jadi. Apalagi kalau produk page kamu banyak.

Hampir semua jasa pembuatan website di surabaya yang budget friendly itu pakai template. Milih template bukan berarti kita akan membuat website yang sama persis. 

Meski sudah pake template kita tetap bisa memodifikasi hal hal kecil seperti pemasangan button, mau ganti warna, tuker font, dll. Semuanya bisa disesuaikan biar tetep sesuai sama brand.

Kita nyaranin banget penggunaan template, selain budget friendly, penggunaan template juga akan mempercepat proses pembuatan website, apalagi buat klien klien yang super sibuk. We got your back!

Desain Website Custom

jasa-pembuatan-website-surabaya-desain-website-custom

Nah, meskipun kita nyaranin banget penggunaan template. Kita juga punya opsi website custom. Apa sih keunggulan website custom? Nanti mahal aja tapi ga ada bedanya.

Ya maka dari itu, kita harus diskusi dulu, kira kira apa website yang cocok buat kamu? 

Kalo emang yang cocok adala website custom. Oke.

Website custom itu dipilih karena kita ingin fungsi website yang lebih complex dari template pada umumnya.

Tapi, custom sendiri bukan berarti seluruh website harus di tulis kodenya. Kita masih bisa ngambil template tapi yang dirombak lebih banyak dari biasanya.

Mungkin kita ingin membuat questionnaire, atau kita ingin membuat form yang rumit. Atau mungkin kita mau buat website yang edukatif. Atau ingin buat website ecommerce yang bisa tracking otomatis ketersediaan barang, dsb?

Bisa banget, pokoknya semuanya bisa asal komunikasi jalan. Mantep toh rek?

Website Launch

jasa-pembuatan-website-surabaya-website-launch

Website launch disesuaikan dengan rencana awal dan kontrak. Kalau memang rencananya mau launch 3 halaman dalam waktu 2 bulan oke. Atau mungkin launch 1 halaman dulu dan dilanjutkan dengan website build? Juga boleh. 

Website launch sendiri bisa disesuaikan berdasarkan diskusi awal. Tapi perubahan di tengah jalan, akan mempersulit website launch. 

Udah sih gitu aja, dan biaya yang dikeluarkan disini, udah bukan untuk website expert lagi. Melainkan buat software, termasuk domain dan hosting. Yang bisa dipilih, langsung tanya aja, dan kita akan kasih rekomendasi terbaik.

Website Responsive – Mobile Friendly

jasa-pembuatan-website-surabaya-website-responsive-mobile-friendly

Selain SEO friendly. Website juga harus responsive. Balik lagi ke awal.

Inget semua orang di Indonesia yang udah pegang hp?

Nah ga ada gunanya dong kalo mereka punya hp, kamu punya website. Tapi mereka ga bisa buka website kamu pake hp mereka. Mangkanya website yang responsive itu penting banget.

Tim kami memang sedia template, custom desain, tapi semua desain yang kita tawarin itu udah pasti website responsive. 

Kalo mau pake jasa pembuatan website surabaya lainnya, atau mungkin mau coba coba sendiri?

Bisa banget, pastiin kalian udah paham sepenuhnya tentang website responsive. Karena nanti sayang banget deh pokoknya kalo ga mobile friendly.

Buat Website Bersama Labalaba

jasa-pembuatan-website-surabaya-buat-website-bersama-labalaba

Ya gitu kan, kalian udah paham. Sebenernya yang kalian beli tuh apa aja sih?

Tanya tanya aja langsung, kalau urusan harga, kita bisa sesuaiin sama kebutuhan. 

Yang penting dengan mengikuti proses kerja kami, kalian udah paham, sebenernya kalian akan beli apa. 

Dan kalo emang kalian mau beli sendiri, atau mau pake jasa yang lain, kalian udah tau apa aja yang harus ditanya. 

Gitu deh, aku sih, seneng banget hari ini bisa sharing sama kalian.

Semoga bermanfaat ya.

Sukses terus.