Pengertian Web 2.0

Apa Itu Web 2.0

Setelah sebelumnya membahas SEO Off-page , kali ini Web 2.0 (dibaca web-two-point-o) adalah nama yang digunakan untuk menyebut generasi kedua dari World Wide Web, di mana anda memindahkan halaman HTML statis ke pengalaman web yang lebih interaktif dan dinamis. Web 2.0 fokus pada kemampuan orang untuk berkolaborasi dan berbagi informasi online melalui media sosial, blogging, dan komunitas berbasis web. Web 2.0 mengisyaratkan perubahan di mana web di seluruh dunia menjadi pengalaman interaktif antara pengguna dan penerbit Web, dimana sebelumnya percakapan hanya satu arah.

Jadi perbedaan utama antara Web 1.0 dan Web 2.0 adalah Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, berkolaborasi, dan berkomunikasi tentang pekerjaan mereka dengan orang lain, tanpa memerlukan keterampilan desain atau penerbitan web. Kemampuan ini tidak ada di lingkungan Web 1.0. Ini juga mewakili versi web yang lebih populer, di mana terdapat alat-alat baru yang memungkinkan hampir semua orang berkontribusi, terlepas dari pengetahuan teknis mereka.

Arti istilah Web 2.0 telah berkembang dari waktu ke waktu, tetapi telah memasukkan media sosial sebagai komponen utama. Meskipun komunitas selalu menjadi bagian dari web, aplikasi web baru seperti AJAX dan browser yang lebih modern mulai memberikan kesempatan bagi orang untuk mengekspresikan diri mereka secara online seperti sebelumnya. Selain itu untuk menggabungkan aplikasi untuk membuat web yang lebih terintegrasi. 

Pada 2005, istilah Web 2.0 sudah mapan, dan perusahaan seperti Google membuat langkah besar untuk mengintegrasikan informasi online. Misalnya, situs web yang mengulas restoran dapat menggunakan media sosial, konten yang dibuat pengguna, foto-foto dari Flickr, peta Google, dan konten dari seluruh web untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih lengkap. Di satu sisi, Web 2.0 hanyalah kata kunci yang terlalu sering digunakan. Disisi lain, ada perbedaan asli antara website di awal tahun 90-an dan aplikasi web kaya dari web modern.

Web 2.0 penting bagi SEO

Media sosial sebagai komponen utama dalam Web 2.0 memiliki peran penting untuk SEO. Karena platform media sosial juga memungkinkan penggunanya mempublikasikan konten situs ke halaman mereka. Web 2.0 memberi Anda kemampuan untuk mempublikasikan konten Anda dan membuat backlink di dalamnya. Jika konten Anda unik, itu adalah sebuah keajaiban yang dapat dilihat di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil mesin pencari seperti Google.

Selain itu fitur utama dari Web 2.0 meliputi:

  • Klasifikasi informasi gratis – memungkinkan pengguna untuk secara kolektif mengklasifikasikan dan menemukan informasi (mis. “pemberian tag” dari website, gambar, video atau tautan)
  • Pengalaman pengguna yang kaya – konten dinamis yang responsif terhadap input pengguna (mis., Pengguna dapat “klik” pada gambar untuk memperbesarnya atau mencari tahu informasi lebih lanjut)
  • Partisipasi pengguna – informasi mengalir dua arah antara pemilik situs dan pengguna situs dengan cara evaluasi, ulasan, dan komentar online. Pengguna situs juga biasanya membuat konten yang dibuat pengguna untuk dilihat orang lain (mis., Wikipedia, ensiklopedia daring yang dapat ditulis atau diedit oleh siapa saja)
  • Software as a Service (SaaS) atau perangkat lunak sebagai layanan- Situs Web 2.0 mengembangkan API untuk memungkinkan penggunaan otomatis, seperti oleh “aplikasi” web (aplikasi perangkat lunak) atau mashup
  • Partisipasi massal – akses web yang hampir universal menyebabkan perbedaan kekhawatiran, dari basis pengguna Internet tradisional (yang cenderung menjadi peretas dan penggemar komputer) hingga beragam pengguna

Baca selanjutnya tentang Tata cara menulis konten di Web 2.0

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2021 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy