Link Building Strategi untuk SEO

Anda akan sering mendengar SEO berbicara tentang “topi putih” atau white hat dan “topi hitam” black hat (atau area yang dipertanyakan di antaranya, sering dijuluki “topi abu-abu” atau gray hat), terutama ketika menyangkut teknik link building atau membangun tautan. Bagian sebelumnya membahas tentang SEO Off-page, bagian ini akan menguraikan perbedaan dan mencakup beberapa pro dan kontra dari setiap pendekatan.

Strategi topi putih atau white hat

Strategi white-hat adalah mereka yang berisiko sangat rendah dan tidak terlalu mengalami masalah atau pinalti. Mereka biasanya adalah yang mengikuti pedoman webmaster yang ditetapkan oleh Google dan Bing. Beberapa contoh taktik topi putih adalah:

  1. Membuat konten sendiri yang unik, berwawasan luas, dan berkualitas
  2. Membangun komunitas yang tulus dan terlibat yang berinteraksi dengan website Anda dan satu sama lain
  3. Mempromosikan website Anda kepada orang-orang yang relevan dengan cara yang tulus dan pribadi dengan menulis pesan pribadi

Mereka yang handal dalam hal ini tidak perlu khawatir akan mendapat masalah dengan hukuman spam otomatis atau manual dari mesin pencari. Strategi white-hat biasanya bekerja paling baik untuk pengguna nyata, dan dapat membantu membangun aset jangka panjang yang kuat dan tidak mungkin hilang dalam semalam. Kontranya, harus fokus pada tujuan jangka panjang daripada keuntungan jangka pendek. Strategi white-hat kadang-kadang dapat mengambil waktu untuk memiliki efek besar pada lalu lintas dan pendapatan Anda karena mereka kurang agresif.

Strategi topi hitam atau black hat

Awalnya diciptakan sebagai istilah untuk menggambarkan peretas komputer atau hacker, black-hat juga telah digunakan untuk menggambarkan teknik yang secara langsung melanggar pedoman mesin pencari seperti Google. Teknik-teknik ini berusaha untuk mengeksploitasi celah dalam algoritma mesin pencari dan membuat peringkat website yang lebih tinggi dari yang seharusnya. Beberapa contoh taktik topi hitam adalah:

  1. Cloaking – menampilkan konten yang berbeda ke mesin pencari dibandingkan dengan apa yang Anda tampilkan kepada pengguna
  2. Menyuntikkan tautan tersembunyi ke website yang bukan milik Anda dengan memanfaatkan kelemahan keamanan
  3. Teks tersembunyi pada halaman yang hanya ditampilkan ke mesin pencari, bukan pengguna, biasanya penuh dengan kata kunci yang ingin Anda naikan peringkatnya

Taktik ini tidak berfungsi dalam jangka panjang, karena mesin pencari selalu berusaha menghentikannya. Ini berarti bahwa lalu lintas dan peringkat dapat turun cukup banyak dalam semalam jika Anda kedapatan menggunakan taktik ini, jadi kami sangat menyarankan untuk mengemudi dengan jelas.

Kenapa untuk berkelanjutan, strategi topi putih sangat penting?

Anda sedang membangun bisnis online, dan kemungkinan besar Anda ingin bersaing di dunia online selama bertahun-tahun yang akan datang. Jika Anda ingin melakukan ini, maka Anda harus hati-hati memilih taktik yang ingin Anda gunakan dan menilai berapa besar risiko taktik itu. Seperti halnya bisnis apapun (termasuk offline), ada taktik yang membawa sejumlah risiko tertentu. Sebagai bisnis, Anda perlu mempertimbangkan risiko dan manfaat dari setiap kegiatan pemasaran.

Inilah sebabnya mengapa strategi topi putih sangat penting untuk website:

Mereka menimbulkan risiko paling sedikit dan sangat kecil kemungkinan Anda dihukum dengan penalti dari Google. Juga sama pentingnya karena strategi white-hat fokus pada menambahkan nilai sebenarnya ke Internet, industri Anda, dan pengalaman pelanggan Anda. Jika Anda ingin membangun basis pelanggan setia yang tidak hanya membeli dari Anda tetapi dengan senang hati merekomendasikan Anda kepada teman-teman, Anda harus fokus pada taktik yang memberikan pelanggan pengalaman pengguna yang hebat. Memberi mereka konten yang asli dan bermanfaat adalah salah satu cara untuk melakukan ini.

Apa yang berhasil hari ini mungkin tidak berfungsi besok. Banyak topi hitam akan mengganti cara mereka sebelumnya dengan teknik yang lebih teduh lainnya, dan siklus dimulai lagi. Masalahnya adalah ini tidak baik untuk sebagian besar bisnis. Sebagian besar bisnis tidak mampu mengambil resiko dengan website mereka, atau terus-menerus mencari di atas bahu mereka, menunggu hari mesin pencari akhirnya menyusul mereka.

Jika Anda membandingkan ini dengan teknik topi putih, Anda tahu bahwa Anda membangun untuk jangka panjang, dan sementara beberapa upaya akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada yang lain, Anda tidak perlu melihat ke belakang atau khawatir setiap kali Anda mendengar telah ada pembaruan Google.

Beberapa kata tentang membeli tautan

Membangun tautan bisa sangat sulit, terutama di masa-masa awal ketika Anda masih berusaha membangun reputasi, menemukan orang yang tepat untuk terhubung, dan membuat konten yang hebat. Sangat dapat dimengerti bahwa SEO mencari jalan pintas untuk membantu membuat prosesnya sedikit lebih mudah, dan salah satu jalan pintas tersebut adalah membeli banyak tautan.

Tautan pembelian secara langsung bertentangan dengan salah satu pedoman webmaster Google:

“Membeli atau menjual tautan yang melewati PageRank: Ini termasuk bertukar uang untuk tautan, atau posting yang berisi tautan; bertukar barang atau jasa dengan tautan; atau mengirimkan seseorang produk” gratis “sebagai imbalan bagi mereka yang menulis tentang hal itu dan termasuk tautan”

Google sangat peduli dengan hal ini karena membeli tautan dapat mengubah tampilan hasil pencarian bagi pengguna. Mereka ingin perusahaan berkinerja baik dalam hasil pencarian karena mereka layak, bukan karena mereka memiliki kantong dalam dan dapat membeli tautan. Perhatikan juga bahwa Google secara eksplisit mengatakan “tautan yang lolos dari PageRank”. Di sinilah perbedaan antara tautan pembelian dan pembelian iklan ikut berperan.

Membeli iklan yang terhubung ke website Anda baik-baik saja dan dapat menjadi praktik yang bagus untuk membangun kesadaran bisnis Anda. Namun, Google mengatakan bahwa jika Anda akan melakukan ini, maka Anda harus memastikan bahwa iklan tidak meneruskan PageRank ke website Anda. Ada beberapa cara Anda bisa melakukan ini:

  1. Menambahkan atribut nofollow ke tautan
  2. Membuat tautan Javascript yang tidak bisa diikuti Google
  3. Pergi melalui halaman yang diarahkan yang diblokir di robots.txt

Teknik-teknik ini berarti bahwa iklan tidak akan mempengaruhi berapa banyak PageRank yang diterima website Anda dan, karenanya, tidak akan mempengaruhi kinerja Anda dalam hasil pencarian organik. Secara umum, membeli tautan adalah bisnis yang berisiko, dan bagi sebagian besar perusahaan tidak sepadan dengan resikonya. Keuntungan jangka pendek seringkali lebih besar daripada manfaat jangka panjangnya, dan jika Anda membangun bisnis yang sah yang berencana menggunakan hasil Google organik sebagai sarana untuk mendapatkan pelanggan, maka membeli tautan dapat menempatkannya dalam risiko.

Hukuman dan SEO topi hitam

Jika Anda ditemukan melanggar pedoman webmaster, kemungkinan Anda akan diberi penalti oleh mesin pencari. Bergantung pada keseriusan pelanggaran, hukuman dapat berlangsung dari beberapa minggu hingga beberapa bulan atau hingga masalahnya benar-benar diperbaiki. 

Google membagikan beberapa jenis hukuman yang akan kami diskusikan secara singkat di sini:

Denda manual

Dalam hal ini, anggota tim spam web telah secara manual menerapkan penalti ke website Anda setelah menemukan sesuatu yang melanggar pedoman mereka. Ini bisa apa saja, mulai dari membeli tautan hingga pengalihan licik atau penyelubungan. Untuk menghapus penalti ini, Anda perlu mengajukan permintaan pertimbangan ulang dengan Google yang mencakup beberapa hal:

  1. Apa yang telah Anda lakukan untuk memperbaiki masalah yang telah Anda kena sanksi
  2. Bagaimana Anda berencana untuk tidak pernah terlibat dalam latihan semacam ini lagi
  3. Bukti yang jelas untuk keduanya

Maka Google akan secara manual memutuskan apakah akan mengangkat denda atau tidak. Mereka kadang-kadang dapat kembali dan memberitahu Anda bahwa Anda belum melakukan cukup dan Anda harus terus bekerja untuk memperbaiki masalah. Contoh umum dari ini adalah jika Anda telah dihukum karena pembuatan tautan berkualitas rendah dan Anda belum cukup menghapus tautan berkualitas rendah. Untuk mengetahui apakah Anda telah diberikan penalti manual, Anda dapat memeriksa bagian penalti manual dari Google Webmaster Tools.

Denda algoritmik

Dalam hal ini, Google telah secara otomatis menemukan masalah dengan website Anda dan menerapkan penalti karenanya. Ini biasanya semacam masalah di tempat, seperti teks tersembunyi atau penyelubungan, dan Anda harus memperbaiki masalahnya sebelum Anda melihat hukumannya dicabut. Dengan jenis penalti ini, kadang-kadang hanya memperbaiki masalah dapat menyebabkan penalti terangkat saat Google menjelajah dan mengindeks halaman Anda. Namun, kadang-kadang, Anda juga perlu mengajukan permintaan pertimbangan ulang dengan Google agar mereka dapat melihat secara manual apakah Anda telah memperbaiki masalahnya.

Mengapa sekadar “pertukaran tautan” bukanlah strategi yang baik

Selama bertahun-tahun berlalu, bertukar tautan dengan website lain adalah cara yang baik untuk mendapatkan tautan. Itu juga dikenal sebagai “pertukaran tautan” atau “tautan timbal balik” sebagai taktik. Namun, seperti banyak taktik membangun tautan, itu sering disalahgunakan dan didorong ke ekstrem. Alih-alih bertukar tautan dengan website lain yang relevan dan berkualitas baik, banyak SEO hanya akan bertukar tautan dengan siapa pun yang mereka bisa. Karenanya, tautan tidak lagi diberikan karena kualitas website, tetapi lebih karena webmaster akan mendapatkan tautan sebagai imbalan.

Hal ini menyebabkan beberapa website memiliki halaman yang dibuat khusus untuk tautan perdagangan. Halaman-halaman ini akan memiliki URL yang mirip dengan www.example.com/links.html. Halaman seperti itu akan terdiri dari daftar besar tautan ke website yang sering tidak terkait dengan website itu sendiri dan tidak selalu berkualitas bagus.

Karena itu, Google berupaya untuk mendevaluasi tautan yang hanya diberikan karena tautan diberikan sebagai imbalan. Mereka bahkan dapat menghukum untuk pertukaran tautan yang berlebihan dan memiliki bagian dalam pedoman webmaster mereka untuk itu:

“Pertukaran tautan berlebihan (” Tautan ke saya dan saya akan tautkan ke Anda “)”

Ketika datang untuk membangun tautan, Google ingin melihat tautan yang Anda peroleh. Mereka ingin melihat tautan yang pantas Anda dapatkan karena Anda memiliki sesuatu yang berkualitas baik untuk ditawarkan – bukan karena Anda senang ikut serta dalam pertukaran tautan. Karena itu, Google sama sekali tidak memiliki masalah dengan website yang saling terhubung karena alasan yang sah. Ini adalah kejadian alami di web jika berita di BBC mengutip sebuah artikel di CNN, lalu beberapa minggu kemudian CNN mengutip sebuah berita di BBC. Ini secara teknis merupakan tautan timbal balik, tetapi apakah Anda pikir Google akan menghukumnya? Tidak, karena ada alasan asli untuk website ini terhubung satu sama lain dan mereka melakukannya dengan cara alami yang baik untuk pengguna.

Bandingkan ini dengan halaman yang memiliki ribuan tautan, semuanya menuju ke website yang tidak terkait tanpa relevansi sama sekali dan Anda dapat melihat perbedaan apa yang disukai dan tidak disukai Google. Bagian selanjutnya adalah Web 2.0.

 

Perpaduan dari ilmu digital marketing dari negara maju dengan jagoan bisnis Indonesia mendirikan sebuah agensi yang siap memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda.
Kontak Kami

Call 081383040745
[email protected]

Daftar Sekarang Juga

Bergabung dengan mailing list kami, dan dapatkan tips-tips digital marketing setiap bulan dari kami.

© 2019 Labalaba Digital Marketing     |     Terms & Conditions     |     Privacy Policy